Nov 19, 2016

Funding Officer BRI (Pertama Kali Naik Pesawat)

Dear readers...
==============================
Selamat malam dari Ibukota..
Yeah.. akhirnya kaki ini menginjak Ibukota kawan.

Eniwei, aku baru aja nyampe Selasa siang kemaren di Jakarta setelah naik pesawat Singa Udara selama 2,5 jam dari Kualanamu Medan.

 Sebenernya pengen naik Burung Garuda sih, biar langsung tiba di Terminal 3 atau berapa gitu, yang langsung deket sama BRI Digital Banking yang canggih banget itu loh. Tapi demi hemat duit SPJ, kita milih tiket yang lebih murah aja deh.
Btw, inget gak sih kalo dulu itu waktu pas masih kecil kalo ada helikopter ataupun pesawat trus teriak-teriak “Aaa.. helikopter mintak duwiittttt!!!Siapa coba dulu yang ngajarin. Ada yang pernah dilempar duit dari helikopter/pesawat gak? Duit logam juga gak papa deh..

Lu ke Jakarta ngapain, war?
Jadi gini, sebenernya ini perjalanan Dinas Pendidikan. Untuk yang belum tau kalo aku kerja di BRI, baca ini dulu deh Sendik BRI Medan, Ngelamar Kerja Episode 1, Episode 2
udah dibaca 11 ribuan kali.. thanks readers..
Kayaknya temen-temen yang minat buat cari info tentang BRI banyak banget yah.. Sampe-sampe postingan ku dibaca udah lebih dari 11.000-an kali totalnya. Jadi semangat untuk lanjut buat postingan yang lain..

*****

Jadi per September kemaren, alhamdulillah banget aku lulus ngikutin Job Opening posisi Funding Officer. Dari sebelumnya Customer Service.

Kalo tahapan test nya sih sama aja kayak waktu mau masuk Frontliner kemaren. Mulai Seleksi Administrasi, Interview Awal, Psikotest, Interview Psikolog, Interview Akhir (bedanya: Interviewer langsung oleh Pejabat BRI Kanwil Medan), terakhir Medical Check Up (bedanya: yang diperiksa lebih detail, alatnya juga lebih canggih, lokasi: Lab Pramitha Medan).

Sebenernya jadwal pendidikan ini, aku kebagian kloter terakhir. Kita ber-enam sekanwil Medan. Ada Bang Ade (Medan Kota), Bang Ipul (Sibuhuan), Bang Fidel (Balige), Bang Jufri (Sibolga), Bang Boy (Panyabungan), dan aku Rantau Prapat.

Kita berenam belum terlalu saling mengenali wajah sih. Walaupun sudah intim di Group WA.
 
*****

Santika Premiere Dyandra Hotel - Medan
Aku di sini dari mulai Senin dini hari (07/11). Ada sesuatu yang harus dikerjakan sama Kak Febrina, senior aku di kantor. Kenapa di sini? Karna temen-temen frontliner dari Mikro Cabang lagi dikarantina di sini, buat persiapan lomba BRI Smart Competition 2016 Tingkat Cluster mewakili Kanwil Medan, dan hasilnya mereka menang lagi, bakalan lanjut ke Tingkat Nasional. Luar biasssah!!!
Lumayan lah, nginep semaleman di Hotel ✮✮✮✮ yang ada kolam renang nya, tapi sayang karna sorenya ujan, aku gagal pipis disana.
 
Kualanamu International Airport (KNO)
Kita berlima fixed janji ketemuan langsung di Bandara aja. Memang jam keberangkatan 08.40 a.m. sih. Tapi untuk check-in disarankan 90 menit sebelum keberangkatan. Takut dong ketinggalan.
Jam setengah 6 pagi aku udah siap-siap buat berangkat ke bandara. Aku pesen Grab Car aja, dan ini juga pertama kalinya nih gunain jasa Grab. Luar biasa ya, keren banget Grab ini, gak pake lama udah dateng aja dianya. Cobain deh, download aplikasinya di Play Store kalian.
Santika - Kualanamu cuman 133.000. Mahal ya? Gak sih, bayangin kalo kita berangkat nya berenam, hitung sendiri deh. Taksi argo malah bisa 200 ribuan.. Ya kalopun naik kereta tiketnya juga 100ribu. Ribet, harus ke stasiun dan beli tiket lagi.
Aku mau ceritain dulu nih, proses keberangkatan. Sharing aja biar kalian yang belum pernah terbang tau, gimana sih prosesnya naik pesawat itu. Beda banget sama kita mau naik ANGKOT, OJEK, dan KERETA API.

Here we gooooo....  😄😄😄😄
Jujur ya, karena baru pertama kali bakalan terbang, aku bingung nih, sendirian soalnya. Deg deg-an, kalo udah di Bandara harus ke arah mana, check-in nya gimana, kalo kebelet pipis harus pipisin tembok yang sebelah mana. Secara Kualanamu ini gede banget kan. Takut aja nyasar sampe Timika.

CHECK-IN
Sesampainya di Kualanamu, aku ngikutin orang-orang aja deh, mereka ke arah mana. Ternyata di Bandara banyak banget petunjuk-petunjuk arah, digantung-gantungin gitu. Ikutin aja. Ya karna aku naiknya Pesawat Singa Udara, aku langsung ke Loket Singa dong. Tinggal nunjukin e-tiket dari smartphone dan KTP asli (untuk temen-temen yang aku pesenin, foto KTP mereka aja aku tunjukin, selesai).
Kemudian akan ditanyain, perlu bagasi gak? Maksudnya apa bawa koper besar dan mau ditaro ke bagasi, kan repot juga kalo bawa ke pesawat. Karna setiap maskapai pasti ada fitur bagasi gratis sampai dengan berat tertentu. Kalo Singa Udara kemaren kayaknya 20 Kg sih. Jadi kalo lebih dari situ akan di-charge (nambah biaya lagi). Jika koper ditaro ke bagasi, koper kita akan dikasih sticker, tanda bahwa itu punya kita. Ada nama dan nomer tempat duduk kita tertera di sana. 


Nah, jadi naik pesawat ternyata gak terlalu susah kok kawan. Kalo urusan pesen tiket, serahin aja sama Traveloka (sumpah bukan iklan). Karena tiket pesawat sekarang udah gak dijual lagi di Bandara. Dulu sih bisa (denger cerita), tapi sekarang udah gak dibolehin lagi sama pemerintah. Ya malah lebih gampang toh, tinggal klik klik aja, beres.
Sebenernya tiket yang kita beli dari Traveloka ini bukan tiket naik pesawatnya, hanya booking tiket yang nantinya akan kita tuker di Bandara, Boarding Pass istilahnya.
 

Hal yang harus diperhatikan:
Jam Keberangkatan, setidaknya dateng sejam sebelum berangkat, karna sumpah antriannya tuh panjang banget loh kalo agak telat. Bang Ade tuh, dia yang dari Medan Kota malah dia yang telat. Dia dateng hampir setengah delapan. Bayangin!!! REPOT. Karena 15 menit sebelum keberangkatan itu seharusnya kita sudah masuk pesawat, Boarding Time namanya. Persiapan untuk terbang.
Trus perhatikan juga dari Terminal dan Gate berapa. Jangan salah masuk, tapi tenang, banyak petugas kok di sana, tinggal tanya aja. Jangan malu.

SECURITY CHECK POINT
Pernah ngeliat film kan? Yang harus ngelewatin "pintu doraemon" metal detector, trus barang-barang kita masuk ke X-Ray, nah ini namanya Security Check Point. Pastiin semua benda metal atau yang berbahan logam kalian harus dilepas. Misal jam tangan, HP, jaket tali pinggang, cincin, celana dalam (jika terbuat dari metal) semuanya harus dilepas. Disitu ada disediain kayak talam plastik gitu, buat barang-barang yang kita buka tadi. Sialnya, celana ku malah yang kedodoran, gitu tali pinggang aku buka, ya sambil aku pegangin lah, dari pada jatuh kebawa kan gak lucu aja.
Nah, pas kalian ngelewatin pintu doraemon tadi, bunyi "teeettttt......" itu berarti masih ada benda metal/logam di badan kalian. Mungkin tindik yang di "udel" kalian, tapi tenang aja gak usah panik. Nanti Pak Security-nya ngecek manual pake pentungan ajaib ke badan kalian. Trus juga kalo ada yang mencurigakan di dalem tas kita, Petugas juga akan ngecek manual.
 

Tips:
  • Jangan pake celana dalem berbahan metal/logam atau pun bawa celana dalem berbahan metal/logam di dalem koper.
  • Setelah lewat Security Check Point, jangan lupa pake kembali tali pinggang yang sudah kita lepas tadi. Jangan sampe celana kedodoran kalian kececer di lantai.

WAITING ROOM
Setelah melewati semua proses di atas, berarti kalian sudah diizinkan untuk masuk ke pesawat. Sambil menunggu pesawat siap untuk dimasukin, kita bisa internet-an pake wi-fi id gratisnya Bandara di ruang tunggu yang disediakan. Lumayan kan Cok.
Inget, masuk lah ke ruang tunggu sesuai dengan nomor Gate yang tertera di tiket. Pengecualian buat kita nih ya. Kita nunggu nya di BRI Lounge, berasa jadi orang kaya dalam beberapa saat, sumpah.

Jadi BRI Lounge ini khusus Untuk Pribadi Terpilih-nya Nasabah Prioritas BRI. Beruntung Bang Jufri punya kenalan, dan sudah lumayan sering berkomunikasi dengan petugas di sana. Bersyukur banget bisa menikmati fasilitas mewah ini 😄

BOARDING TIME

15 menit sebelum keberangkatan ada pengumuman supaya seluruh penumpang segera merapat ke Gate masing-masing.
Sekitar 08.20-an kita jalan memasuki Gate 8, sesuai dengan yang di Boarding Pass. Jangan sampe salah masuk Gate yah kawan. Nanti kalian malah nyasar ikut penerbangan ke Timika.
Di Gate ini Boarding Pass kita juga akan dicek lagi sama Mbak-Mbak yang cantik rupawan. Jadi gak perlu khawatir, karna di Bandara banyak banget proses cek ricek yang memastikan kita supaya tidak salah. Masuk ke lorong
melewati tangga menurun, ikutin aja orang-orang di sana. Nanti ada Bus maskapai yang jemput kita buat nganter ke Pesawat yang lagi parkir nungguin. Bus nya keren, bukan kayak Bus ALS, PMTOH, dll. Kayak Busway Trans Jakarta tepatnya, tempat duduknya cuman beberapa doang, selebihnya cuman pegangan tali yang bergantungan aja. Ganteng lah pokoknya cok.
Nah, waktu naik ke pesawat, disarankan masuk melalui pintu, bukan jendela. Di pintu masuk, Mbak-Mbak Pramugari yang cantik jelita menyambut dengan senyuman hangatnya, khas dengan frontliner. Sekali lagi Boarding Pass kita dicek, mastiin aja kali kalo kita gak salah pesawat.
Tinggal cari kursi sesuai nomer, kalo bingung tanya aja. Jadi deretan kursinya itu sama aja kayak Bus, Kereta Api. Ada dua sisi, bedanya kalo pesawat 3 k
ursi di sisi kiri dan kanan. Jadi satu barisnya itu ada 6 kursi. Nomer urutannya 1A - 1F. Kalo kalian ada bawa barang lagi, silahkan masukkan ke bagasi di atas kursi kalian.
Sambil nunggu Boarding Time, setelah semua penumpang udah masuk Pesawat, Mbak-Mbak Pramugari nya akan memperagakan cara memasang sabuk pengaman, memakai masker, dan jaket pelampung saat kondisi darurat. Dan jalur-jalur evakuasi, contoh: ternyata kalo dalam keadaan darurat, isi pesawat dalam keadaan gelap gulita, di lantai pesawat akan nyala otomatis lampu emergency sebagai penunjuk arah evakuasi.
FYI, di setiap kursi masing-masing juga disediakan buku petunjuk keselamatan seperti yang diperagakan Pramugari nya, dan juga buku doa-doa untuk keselamatan untuk semua agama.
Jadi perhatikan baik-baik waktu Pramugari menjelaskan yah. Karna itu penting banget buat keselamatan kalian.
Nah, untuk kalian yang beruntung, akan diminta sama Mbak-Mbak Pramugarinya untuk duduk di kursi khusus, letaknya dekat pintu darurat yang ada di tengah-tengah bagian pesawat sayap kanan dan kiri. Kalian akan diminta apakah bersedia dan akan dijelaskan cara-cara membuka pintu daruratnya. Karena fungsi kalian adalah untuk membantu membukakan pintu ketika keadaan darurat. Kayak adegan di film Bollywood, NEERJA.
Intinya, jangan buka pintu tanpa ada perintah dari Petugas. Ini bukan angkot!

TAKE OFF

Menurut wikipedia, take-off atau lepas landas adalah fase dalam penerbangan di mana sebuah pesawat udara berpindah dari bergerak di atas permukaan pada sebuah landasan pacu menjadi terbang di udara. Kalian harus berada di tempat duduk masing-masing dan menggunakan sabuk pengaman. Di atas tempat duduk masing-masing (di bawah bagasi) ada indikator yang menunjukkan simbol sabuk pengaman, artinya sabuk pengaman wajib dipakai. Proses take-off sekitar 5 sampai 10 menit, dan suaranya lumayan bising.
Saat sudah terbang mengudara dan indikator sabuk pengaman mati, kalian boleh melepas sabuk pengaman dan berjalan-jalan melepas kebosanan, melakukan interview sama penumpang lain. Atau mungkin PDKT dengan Pramugarinya. Tapi kalo gak kemana-mana sebaiknya tetep pake sabuk pengaman aja.
Oh iya, kalian juga wajib mematikan alat telekomunikasi dan elektronik lainnya yang memancarkan gelombang radio, kayak Smartphone. Karena gelombang radio yang dipancarkan dari smartphone akan mengganggu sistem Pesawat. Gak perlu juga lah update status "Lagi take-off, bismillah..". Kalo pun mau update, lakukan sebelum di pesawat, please!
Atau dibuat airplane mode (mode pesawat) kalo kalian tetep mau maen game atau sekedar selfie dan motret awan. Tapi inget, jangan buka jendela yah, atau buka pintu darurat. Pokoknya jangan.
Tau berita yang Samsung Galaxy S7 meledak di pesawat itu kan? Aku juga gak tau sih, taunya kemaren pas di bandara. Banyak banget himbauan-himbauan tentang larangan membawa S7 di pesawat. Bahkan di koper juga dilarang. Gak tau deh, sampe segitunya. Untung aku pake OPPO, R7.
Ini beberapa view yang sempet aku abadikan pake henpon Bang Ipul..

Oh iya nanti kalian akan merasakan perbedaan tekanan udara ketika sudah mencapai ketinggian tertentu dan waktu mau landing nanti. Telinga kita tuh kayak dengung atau apa ya namanya. Pokoknya gitu deh, saran temen-temen sih coba sambil makan permen karet aja untuk ngurangin rasa sakit. Tapi aku gak ngerasa sakit sih, cuman agak dengung aja.
Nah, himbauan lainnya, ternyata merokok juga dilarang loh. Bahkan di dalam toilet sekalipun. Karena akan merusak sistem pendeteksi asap katanya. Dan menurut peraturan pemerintah nomer berapa gitu, merusak fasilitas bla bla bla merupakan tindak kejahatan.

LANDING
Saat mau landing (proses pesawat mendarat ke landasan pacu), akan ada pemberitahuan kalo kita harus memasang sabuk pengaman, lampu indikator juga akan menyala. Jadi kalo kalian masih di kamar mandi ataupun lagi curcol dengan Mbak Pramugarinya, harap kembali ke tempat duduk segera dan pasang sabuk pengaman anda. Waktu untuk landing hampir sama seperti waktu take-off, sekitar 4 minggu hahaha...
Tetap di tempat duduk dengan sabuk pengaman terpasang, sampai pesawat benar-benar berhenti sempurna. Jangan kayak kemaren, banyak banget penumpang yang "ndableg" (baca: keras kepala). Pesawat masih di landasan pacu, belum berhenti, tapi mereka udah pada berdiri, sibuk sendiri nurunin tas dari bagasi yang di atas kursi. Tapi Mbak Pramugarinya langsung sigap untuk mencegah, dan memasukkan ke bagasi kembali. Dasar "ndableg"! Gak pernah naek pesawat yah? Kok jadi aku yang sewot ya...
Setelah pesawat berhenti sempurna, silahkan keluar dengan tertib seperti bebek yang mau nyebrang. Tapi jangan lupa, sabuk pengamannya dibuka dulu. Ya iyalah..
Dan pasti-in barang-barang kalian jangan sampe ada yang ketinggalan, termasuk kenangan selama di pesawat, bawa sekalian. Biar bisa dituangkan dalam tulisan #halah


Soekarno-Hatta International Airport (CGK)
Setelah 2 jam 35 menit di udara, kita berlima sampe CGK (Cengkareng-JKT). Bang Boy yang terbang dari Padang udah sampe lebih dulu di CGK. Dia nungguin kita.
Untuk koper/barang kalian yang dimasukkan ke bagasi pesawat (waktu check-in tadi), silahkan cari tempat penurunan bagasi. Tungguin aja, nanti tempatnya ada kayak eskalator gitu, tapi bukan menanjak ke atas yah. Jangan sampe salah ambil loh. Karna kayak aku kemaren, aku malah lupa koper aku yang kayak gimana motif/warnanya. Perasaan semua koper yang lewat itu sama aja. Ya maklum, namanya juga koper minjem, punya Pakde hehehe... Sampe ada yang persis kayak punya aku, trus aku ambil dan pratiin. Ternyata itu punya aku, di pegangan koper ternyata ada stiker yang ditempel. Disitu ada nama kita juga.

Well, jadi itu tadi cerita pengalaman ku naik pesawat. Kayaknya rumit ya? Tapi sebenernya gak kok. Yah, mungkin karna baru pertama kali aja.
Sekian aja ya, semoga cerita dan informasi yang aku share bermanfaat buat kalian yang ada rencana untuk terbang.

Oh iya, untuk cerita selama di BRI Corporate University nanti aku ceritain yah..
Segera!



No comments:

Post a Comment