Sep 3, 2016

Explore Tapanuli Tengah (7 Pulau) #latepost

Sorry for being sooooooooo LAZY...
Akhir-akhir ini gw jarang banget ngupdate blog, soalnya lagi sibuk sama kerjaan. Yang Sabtu juga harus lembur maen di kantor. Demi ngumpul duit buat lamaran.

Jadi postingan ini bakal lumayan panjang deh kayaknya, karna gw mau ngomongin soal liburan gw yang kemarin. Liburan yang di luar dugaan banget. Banyak gelisahnya.



*****


Cerita ini berawal dari sebuah pesan BBM dari salah satu sahabat gw, Denok. Yang katanya dia juga dapet dari Bang Dedi, Abangnya temen sekantor gw, Ira. Dan Bang Dedi juga dapet dari ***** alah apa sih ini...


Ini pesannya.


Menarik kan? MURAH!
Ya, itulah hal yang terbersit dalam pikiran gw pertama kali setelah baca pesan tersebut.
Gak hanya Biaya dan Fasilitas apa aja yang kita dapatkan selama perjalanan, tetapi juga lengkap dengan itinerary (rencana perjalanan) dari mulai BERANGKAT (day 1) sampai PULANG (day 2). Gokil!!
Selain itu juga karena tanggal 5 dan 6 Mei kemarin adalah tanggal merah. Hari Kamis dan Jumat pula. Tambah Sabtu dan Minggu yang memang libur. Ah sempurna sekali. Very long weekend.

Yah, jujur saja, ini adalah pengalaman pertama gw pergi jalan-jalan (liburan) sama sebuah travel agent (agen perjalanan). Pada awalnya, gw beranggapan bahwa liburan dengan agen perjalanan adalah hal yang membosankan. Dalam bayangan gw, liburan tersebut pasti nantinya akan gak asyik, waktu kita diatur sana sini. jam segini kesini, abis itu kesini, trus abis itu jam segini kesini lagi, hingga foto group di spot yang paling bagus dengan spanduk besar bertuliskan nama agen perjalanannya biar sekalian promosi.


Wah, ini mau liburan apa mau demo menentang status Zaskia Gotik yang jadi Duta Pancasila di Gedung DPR?


Tapi, itu dulu. Sebelum kelompok militan Abu Sayyaf terkenal di Televisi, dan sebelum ponakan nya Pak Arman Depari jadi Duta Anti Narkoba di Medan.


Jadi, tujuan liburan kali ini kita akan diajak sama PAE Camp (Travel Agent yang basecamp nya di Padang Sidempuan) yang digawangi oleh Bang Rahmad Hudy Asrori untuk Explore Alam Tapanuli Tengah.


Tapanuli Tengah, Kabupaten di Indonesia tepatnya di Provinsi Sumatera Utara, Ibu Kotanya adalah Pandan. Kabupaten yang mempunyai julukan "Negeri Wisata Sejuta Pesona" ini memang dianugerahi alam yang luar biasa indah. Selama ini gw hanya tau Pantai Pandan, Pantai Bosur, dan Poncan saja. Pantai yang bisa dinikmati di tepi jalan raya, dengan kondisi air pantai yang keruh, apa indahnya? Ya, itu Pantai Pandan dan Pantai Bosur, lalu bagaimana jika kita menyeberang ke 7 Pulau yang dijanjikan PAE Camp seperti gambar ini?

 

 

 

Ah, pasti sangat indah. Begitu pikir gw.

01 Mei 2016

Tanya-tanya lebih serius lagi ke Bang Hudy via BBM.
Seperti biasa para marketer pada umumnya, dia sangat berapi-api ngajakin gw untuk liburan bersama. Dia juga ngirimin foto-foto hasil liburan sebelumnya ke gw bertubi-tubi. Semakin kepingin saja rasanya.

02 Mei 2016

Sebelumnya janji 3 orang sih, karna gw juga ngajakin Bagus dan Wandana. Tapi Bagus kayaknya gak jelas gitu, dia gak ada kasih kabar yang fixed ikut atau gak. Kalo Wandana sih udah pasti, sama kayak gw. Jadi gw mutusin bahwa Bagus gak jadi ikut.

03 Mei 2016

Setelah udah kasih kabar ke Bang Hudy bahwa yang ikut hanya kita berdua, si Wandana tiba-tiba ngabarin, adiknya, Ciwo pengen ikutan juga. Padahal sisa seat sebelumnya kata Bang Hudy hanya sisa 2 lagi.
Gw transfer ke BNI nya Bang Hudy sebagai DP, 400K. Sekalian nunggu kabar baik semoga ada seat sisa buat Ciwo.
Malem harinya, Bang Hudy ngabarin kalo ternyata Ciwo bisa ikut. Gw gak tau kenapa tiba-tiba bisa jadi ada lagi seat yang tersedia. Apakah Ciwo akan dibaringkan di atas mobil atau di seret di kapal saat penyeberangan.

*****


Padahal Citra dkk awalnya ngajakin liburan ke Brastagi sekitarnya. Untuk naik-naik ke puncak gunung. Sibayak. Terus ke Pelaruga ataupun rafting atas permintaan gw. Tapi akhirnya gw malah memutuskan untuk ikut PAE Camp aja.

Lalu Citra bagaimana? Biarin saja lah, udah besar kok. Pasti tau lah gimana caranya boker saat di puncak gunung.

*****


04 Mei 2016

Setelah pulang ngantor jam 8 malam, iya kelamaan. Itu karna abis penugasan rutin bulanan setiap tanggal 5 sebenernya (berhubung tanggal 5 adalah libur) untuk pembayaran gaji karyawan perkebunan Socfindo Aek Pamingke.
Sebenernya kesel, menggerutu dalam hati. Dari hari sebelumnya gw gak kepikiran untuk pesan tiket Bus untuk ke Padang Sidempuan ataupun langsung ke Sibolga. Wandana juga gak bisa diandalkan untuk persoalan booking tiket.
Sepulang dari kantor malam itu, gw sempatkan untuk singgah di Loket Bus PT. ALS di Jalan Baru, iya gw bela-belain pulang lewat sana yg bisa jadi ada begal demi tiket.
Lalu hasilnya?
Tiket Bus sudah habis terjual sejak sore tadi. Ahh... seandainya bisa booking tiket saat siang tadi.

Pak, jadi gak ada lagi nih tiket kesana. Kalo bus lain gimana? Ada gak? Bus apa aja deh yang penting ke arah sana. Tanya gw ke petugas loket dengan sedikit kesal dan panik.


Sebentar ya dek. Saya telpon dulu. Katanya sambil memplintir-plintir kumisnya yang belum sempat disisir pagi tadi.


Ada nih, Bus Batang Pane Baru tapi sampe Sidempuan aja. Berangkat jam setengah 1 nanti.


Sampe Sidempuan sekitar jam berapa itu pak?


Jam 8 jam 9 la paling lama sudah sampek itu.


Oke pak. Jawab gw setelah menelpon Wandana untuk sekedar konfirmasi aja.


Cocoklah pikir gw. Jam 9 memang rencananya rombongan akan berangkat start dari Sadabuan, Padang Sidempuan menuju Pandan.

Gw langsung bayar lunas tiket untuk 3 orang, 240K.

*****


Sesampainya di rumah, gw packing seadanya. Sekalian permisi ke Emak kalo gw mau liburan. Memang sebelumnya gw belum ada kasih kabar.


05 Mei 2016

12.37 a.m. dini hari kami sampai dengan selamat diantar abang becak di Loket Bus. gw mengira kami terlambat dari jadwal, sesuai pengalaman sebelumnya waktu gw ke Padang tahun 2012 lalu, jam keberangkatan bus sangat tepat waktu. kurang dari 10 menit bus sudah sampai.

Bus nya belom datang ya, tunggu aja sebentar. Kata Bapak petugas loket yang menerima ongkos tiket gw tadi.


Kami pun menunggu di pondok seputar loket. Dari mulai duduk tegak, ngobrol, maen henpon, duduk bersandar, tiduran dengan ransel sebagai bantal sambil menonton K-drama rekomendasi si Denok yang belom sempat gw tamatkan (3 Episode lagi), hingga tidur beneran (Wandana dan Ciwo). Namun bus belum juga tiba.

01.39 a.m. Kata petugas loket, jalanan dari Medan macet parah, sampai bus tak bisa bergerak. gw gak tau bus yang dimaksud sudah sampai di kota mana.

Sementara jam sudah menunjukkan jam 4 a.m. Sudah ngaret 3 jam lebih.

Gw melihat ke dalam loket ternyata Bapak-Bapak itu tertidur pulas, hanya petugas lain yang duduk menonton TV, usianya lebih muda dari kami. Gw masih bersedia menunggu, walaupun sebenarnya TIDAK.
Gw coba telpon Citra, tapi tak diangkat.
Sementara status BBM Jenri rekan kerja gw sudah update aja on the bus to Medan, kehabisan tiket KA katanya. Dia bilang sih memang agak macet jalanan waktu di sekitar Indrapura. It's mean, bus kami juga masih macet di sekitar sana kan?

Perasaan gw makin gak enak, tapi ya udah lah. Toh dramanya masih tersisa 1 episode lagi hahahaha.. Masih bisa ketawa ya?


04.26 a.m.

Gw coba bangunin Wandana setelah drama gw tamat.

Gimana nih, gan? Kita batalin aja yah? Kita ke Loket Simpati, kayaknya ada yang berangkat jam 6.


Ya udah la gan. Katanya pasrah.


Gw coba bangunin petugas loket untuk minta refund tiket tadi. Untungnya petugas loket nya setuju (setelah menelpon pihak bus untuk memastikan apakah sudah jalan atau belum, dan ternyata belum). Dia juga sempat minta maaf karna memang bukan kesengajaan tapi karna bener-bener macet.


Oke lah. Anggap saja kita maafin.


Masalah selanjutnya adalah kendaraan kami ke Loket Simpati bagaimana?

Secara di Jalan Baru ini mana ada lewat Kopek (baca: Angkot), Becak, Taksi, apalagi Gojek jam segini.
Tapi beruntungnya, gak lama kemudian ada becak yang lewat.
Disini lah berguna nya Ciwo, dia yang kami tugaskan untuk urusan booking becak. Tapi sayangnya becaknya berpenumpang. Sial!

Beberapa menit kemudian, muncul lagi becak. Dan... gak ada isinya.

Ya, kami langsung ke Loket Simpati subuh-subuh itu juga. Sumpah dingin banget becak-becak an jam segini. Mana gw cuman pake celana pendek lagi.

*** Sesampainya di Loket Simpati ***

Loket masih tutup. Gak ada tanda tanda kehidupan bisnis sama sekali. Kita cuman tiduran di kursi kayu yg ada di sekitar loket. Sumpah ngantuk banget!
Sejam kemudian, sekitar jam 6an petugas loket keluar sambil beneran kain sarung nya yg hampir lepas.
Singkatnya kami pesan tiket untuk langsung ke Sibolga di jam keberangkatan pertama, jam 7. Karna kalo cuman sampai Sidempuan aja gak bakalan sempat, rombongan berangkat jam 9. Gw udah pasrah kalo pun tertinggal rombongan saat menyeberang ke pulau jam 11an (sesuai jadwal). Sementara kami, mungkin sampai Sibolga jam 1, 6 jam di perjalanan.
Setelah memesan tiket, sambil menunggu jam 7, kami pun mencari sarapan. Laper lebih cepat karna begadang semalaman. Kalo tau bang Rhoma kami pasti akan dihukum.
Nyari sarapan. Seperti traveller di kota orang. Asing
*** Sesampainya di Sibolga ***
Hampir setengah dua siang kita nyampek di Pantai Bosur, langsung pesen makan sambil nyoba nelpon bang hudy, tapi gak nyambung. Gw sms aja sekedar ngabarin kalo kami sudah sampai dan nanya mereka sedang dimana. Tapi tak berbalas, sedih.
Selesai makan gw coba ngubungin Kak Mala, salah satu rombongan yg sama sama dari Ranto. Alhamdulillah nyambung, dan mereka sudah nyebrang, shit!!!
Gw langsung di sambungin ke Bang Hudy saat itu. Gw langsung menanyakan bagaimana kelanjutan nasib kami, apakah ada cara lain supaya kami bisa bergabung bersama rombongan?
Dia langsung menawarkan penyeberangan dengan kapal yg mereka pakai, untuk khusus menjemput kami karena mereka kebetulan masih berada di pulau pertama yg tidak terlalu jauh dari Bosur. Tentunya dengan ongkos tambahan yg kami tanggung sendiri, 150K. Kami langsung menyetujuinya tanpa mikir terlalu panjang. Kemudian kami disuruh menunggu sekitar satu jam. Yah, sesaat lega, walaupun kami tidak ikut di pulau pertama, gak apalah dari pada sama sekali tidak. Karena Bang Hudy bilang booking DP tidak bisa di-refund.

*** BERSAMBUNG ***

No comments:

Post a Comment