Apr 30, 2017

Menyiapkan Masa Depan

Minggu pagi yang cerah, Aping mendatangi Ucok, sahabatnya yang baru saja pulang kampung setelah 4 tahun kuliah di Kutub Utara mengambil jurusan Teknik Industri Spesialisasi Es Serut. Kebetulan Ucok sedang duduk di teras rumahnya, menikmati segelas wipol hangat sambil membaca koran lokal.

Hai Cok. Sapa Aping semangat berdiri sambil meletakkan kedua telapak tangan di depan tititnya. 
Eh Aping. Apa kabar? Tumben pagi-pagi gini dateng. Biasanya kamu bangun tidur abis Zuhur kan? Jawab Ucok sambil melepas kacamata bacanya.
Aku baik. Gini, aku mau minta bantuan. Aping menggaruk-garuk kepalanya, diikuti butiran-butiran kecil warna putih yang berjatuhan ke pundaknya.
Bantuan apa? Tanya Ucok yang mulai curiga. "Pasti mau ngutang nih" dalam hatinya.
Gini, Kodong, pacarku yang aku kenal 3 bulan lalu dari Facebook itu ngajakin nikah secepatnya, Cok..
Wah, bagus dong, daripada kamu zinah online terus di warnet. Si Ucok sangat antusias dengar rencana Aping yang mau menikah, walaupun dia sadar masih jomblo.
Tapi masalahnya, aku gak ada biaya buat nikah. Sedangkan Emaknya Kodong minta aku nikah di Ballroom Suzuya, dan ngundang Bunda Rita, Nassar, dan Band Amigos dari Jakarta.
Emang kamu gak punya tabungan sama sekali apa? Bukannya gajimu dari calo perusahaan percetakan itu gede yah?
Gede sih. Tapi kan pengeluaranku juga gede. Jadi kamu mau minjemin aku duit nggak nih?
Kamu gak lihat keadaanku apa? Aku aja tidur masih beralaskan koran, demi nabung buat bangun pabrik es serut skala internasional.
Jadi kamu gak mau bantuin aku, Cok? Tanya Aping lagi dengan muka yang memelas.
Bukannya gak mau loh, tapi gak bisa. Lagian ya, Ping, kalo kamu buat nikah aja ngutang, gimana kamu mau ngurus anak istrimu nanti? Beliin susu, popok, pakaian, beliin iPhone, paket data, beliin Power Bank nya juga? Udah lah. Tunda aja dulu nikahanmu sampe kamu bisa ngatur keuanganmu dengan baik. Masa depan itu perlu disiapkan, Ping, bukan ditunggu. Jawab Ucok mengakhiri ceramahnya sambil menepuk pundak Aping dan menatap matanya dalam-dalam.
Yah, malah diceramahin. Ya udah lah, aku pamit dulu. Tutup Aping sambil berjalan pulang, menendang-nendang kerikil di halaman rumah si Ucok.

Nah, dari cerita di atas, aku setuju banget sama pendapatnya si Ucok soal masa depan. Banyak banget orang yang nyepelein masa depan. Mungkin kebanyakan orang punya motto “mumpung ada, habisin (hari ini) aja, besok lain cerita” sedangkan calon orang sukses itu adalah orang yang mau menunda kesenangannya.
Pernah gak ngeliat orang, mungkin tetangga atau sodara yang jual barang-barang buat keperluan sesuatu yang mendesak, misalnya buat nyekolahin anaknya? Atau ngutang demi buat resepsi nikahan kayak cerita di atas. Yah, mereka itu adalah orang yang belum siap dengan masa depan.
Oke ini sekedar masukan yah, bukan bermaksud mau menggurui, soalnya aku juga bukan ahlinya soal ngatur keuangan. Aku mau sharing soal tips menyiapkan masa depan.

1.   NABUNG
Nabung itu nggak mesti dipatok gajinya harus berapa, pas-pasan atau gimana. Tapi diitung berapa yang bisa ditabung dari penghasilan, sehingga kita tau batasan pengeluaran berapa. Gaji pas-pasan itu tergantung gaya hidup sih menurutku. Ya soalnya sadar atau gak, nafsu manusia itu bakal berbanding lurus sama gaji. Misalnya, jaman gaji masih 1 juta, dia bisa makan cuman nasi pake telor dadar. Pas gaji udah naik 2 juta dan terbiasa makan di resto/cafe, dia gak bakal suka lagi makan nasi pake telor dadar. Padahal dia gak bakal mati juga kalo gak makan di resto/cafe.
Iya, mungkin ini tips yang klise. Dari zaman SD, zaman masih kecil kita juga udah diajarin buat nabung. Tapi mungkin waktu itu kita belum bener-bener ngerti manfaat nabung itu apa.

Tapi udah gede gini, pastinya udah tau dong kalo manfaat nabung itu banyak banget. Entah itu nabung buat beli gadget baru, beli kendaraan atau beli pacar (buat jadi isteri).

Duh, aku gak bisa nabung, War. Gaji ku pas-pasan banget, bener deh.. Bisa bayar cicilan dan daftar hutang aja syukur..

Oke.. Jadi gini, terkadang ada juga yang nabungnya harus dipaksa dulu. Caranya gimana?
Zaman sekarang Bank udah nyediain layanan AFT (Automatic Fund Transfer) namanya. Dengan cara ini kita tinggal atur aja, misalnya gajian tanggal 5, nah di tanggal 5 itu juga kita buat AFT-nya atau di tanggal 6 atau terserah kalian lah, nanti Bank akan langsung mendebet saldo/gaji kita untuk rekening tabungan. Selain setoran rutin AFT tadi, kita juga bisa nabung di lain tanggal. Misalnya di tanggal 20, kita ada uang lebih 200 ribu, tinggal setor aja, transfer juga bisa. Ngerti kan??

Bayangin misalnya per bulan aja kita bisa nyisihkan 100 ribu buat ditabung, setahun udah dapet 1,2 juta ditambah bunga. Oke lah bunganya gak perlu dihitung banget. Lumayan kan bisa buat taun baruan atau buat lebaran. Atau bahkan buat rencana tiket liburan, dari pada gak nabung sama sekali. Waktu lebaran atau liburan cuman bisa ngisep jempol kaki.

Tabungan ini juga bisa dibuat untuk rencana nikah (misalnya 5 tahun mendatang), atau untuk tabungan pendidikan buat anak (ya walaupun belum punya anak), atau buat dana pensiun pribadi kita saat usia sudah 50 tahun. Bayangin aja kalo kalian nabung 100 ribu setiap bulan, 30 tahun kemudian uang kalian jadi berapa? Asik kan??

Boleh juga, War. Mau dong buat tabungan kayak gitu, tapi gimana caranya?

Gampang banget, kamu tinggal dateng aja ke BRI cuman bawa KTP. Bilang kamu mau buat tabungan kayak gitu. Kalo susah jelasinnya, waktu kalian ke CS BRI, bukain aja blog aku ini suruh CS nya baca hahaha...
Kalo kamu udah punya tabungan Simpedes, pasangan nya ada Simpedes Impian.
Kalo tabungan kamu BritAma, ada BritAma Rencana. Dan kalo tabungan kamu BritAma Junio, tinggal buka Junio Installment.

 


Tabungan ini sistemnya berjangka, kayak deposito. Misalnya kita buat jangka waktu 1 tahun, selama 1 tahun itu gak bisa kita cairkan, kalo pun kita cairkan kita kena denda/pinalti. Tapi ya namanya kalian nabung, anggap aja 100 ribu per bulan itu uang hilang.

2.   INVESTASI
Ngomongin investasi, mungkin buat sebagian orang adalah hal yang muluk-muluk. Padahal enggak. Menurut kalian orang kaya itu apakah orang yang punya banyak duit di rekening, punya mobil mewah dan rumah gedong?
Menurut ku sih iya. Hahah..
Maksud ku gini, dari pada nyimpen banyak duit di rekening, mending duitnya di-investasikan aja. Soalnya kalo naruh duit di rekening banyak-banyak yang ada nafsu belanja malah bakal meningkat. Sebaiknya di ATM hanya secukupnya aja. Yah cukup buat makan dan nraktir kawan-kawan lah.

Bedanya Investasi sama tabungan apa,War?

Investasi itu ya sama kayak tabungan sih, cuman kalo investasi ini pertambahan nilainya lebih besar dibandingkan tabungan. Banyak banget jenis investasi: bisa property (Rumah KPR, Tanah, Kebun, dll), Emas (yang batangan yah), tabungan valas, Reksadana
, Saham (ataupun produk pasar modal lainnya).
Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Pastiin aja kalo kalian mau berinvestasi, kalian harus bener-bener kenal dulu dengan apa yang mau kalian investasiin. Buat pemula, paling simpel adalah investasi emas batangan, atau tabungan valas USD kayak aku. Karna di BRI (ya elah BRI lagi), tabungan BritAma Valas itu GRATIS administrasi bulanan. Kalian tau sendiri mata uang USD selalu naik/menguat terhadap rupiah. Artinya, tabungan kalian juga akan terus bertambah nilainya. Selain itu, Kartu ATM tabungan valas ini, juga tetap bisa kalian gunakan di Indonesia dengan mata uang Rupiah. Ya kalo kalian ngambil duit di ATM 100 ribu rupiah, otomatis tabungan valas kalian akan berkurang sesuai dengan nilai kurs pada saat itu (online). Dan kalo mau nabung juga gak mesti pake uang dollar, uang rupiah juga bisa, tinggal setor seperti biasa ke Teller BRI. Nanti juga otomatis akan terkonversi secara online uang rupiah kalian ke dollar sesuai nilai kurs saat itu juga. Keren kan??
Dapet salam nih dari Mbak Anggi :)
Tapi inves ke emas batangan juga gak kalah keren. Cuman butuh modal yang besar. Satu-satunya cara adalah nyicil emas atau buka tabungan emas di Pegadaian kayak temen aku.  Soalnya, dari zaman batu sampai sekarang, harga emas selalu meningkat. Tapi investasi emas itu bukan investasi jangka pendek 1-2 taun doang yah. Karena dalam 1-2 taun, harga emas kadang masih naik turun. Kalo bisa sih, minimal 10 taun baru deh dijual.

Baiklah, sekian dulu postingan aku kali ini. Sekali lagi ini sekedar masukan, bukan bermaksud menggurui. 
Kalo ada yang mau kalian tanyakan mengenai Produk BRI di atas, atau punya cerita/pengalaman tentang betapa penting dan sangat membantunya menabung? Monggo komentar aja.
Bye!

18 comments:

  1. yeayyy cerita nya bagus, sayangnya iklan nya ternyata lebih bagus bang, gue suka haha top deh!

    ReplyDelete
  2. Mauuulah too😄😄

    ReplyDelete
  3. Mauuulah too😄😄

    ReplyDelete
  4. Menurutku kalo buka perusahaan spesialisasi es serut itu kurang profit deh. soalnya musim kemarau di indonesia cuma ada 6 bulan. Masa iya 6 bulan musim hujan berikutnya jual es serut rasa gorengan ??
    Gimana kalo alih profesi aja. Tapi jangan jual diri juga ya.

    ReplyDelete
  5. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete
  6. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B}

    ReplyDelete
  7. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor (+393511318582) jujur ​​pada layanan kami.
    Assalamu`alaikum wr wb,

    ReplyDelete
  8. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  9. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  10. INDONESIA BERITA BAIK
    Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, itu semua dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya adalah hidup selamanya jadi saat saya ranjang memikirkan tindakan saya berikutnya, saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata sehingga saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan, saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00, dan sisanya untuk Kemuliaan Allah, saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa, jadi orang yang saya sayangi jika memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin menumbuhkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya gratis untuk menelepon atau whats app me di +6282385210327 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

    ReplyDelete
  11. Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    ReplyDelete
  12. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    BAGAIMANA CARA MENGENAI KREDIT PINJAMAN JAMINAN
    (1) Peminjam palsu tidak perlu meminta cagaran dan tidak ada laman web
    (2) Peminjam palsu tidak mempunyai sijil perniagaan
    (3) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan anda yang membuat anda layak mendapat pinjaman
    (4) Peminjam palsu tidak menggunakan Gmail, tidak ada dominan
    (5) Peminjam palsu tidak mempunyai alamat pejabat fizikal
    (6) Peminjam palsu meminta yuran pendaftaran dan bayaran trans
    Daftar sekarang
    DAFTAR SEKARANG: info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    laman web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ::: + 447456405237. Saya mendapat pinjaman sebanyak Rm 2.4 juta dengan kadar faedah pinjaman sebanyak 1% dari PINJAMAN AASIMAHA ADILA AHMED. Semoga Allah memberkati mereka. InsyaAllah, dengan setia
    Jurjani baik
    Pengerusi Eksekutif / PENGENALAN Pegawai, VENTURES HARTA TANAH Email.jurjanibude0811@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  15. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti, seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan negara berlipat ganda, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman internet. Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan penipu dan penipu, ada banyak kreditor kredit palsu di internet dan beberapa di antara usaha asli dan nyata,

    Saya ingin memberikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH menuntun saya ke pemberi pinjaman nyata dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit online asli yang tidak akan menambah rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapat Pinjaman online, kami meresmikan masalah ini dan ia menceritakan kisah tentang seorang wanita bernama Ny. ELINA JOHNSON yang merupakan CEO dari ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

    Jadi saya dan suami saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan apa yang ingin saya bangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com

    Itu tidak berakhir di sana ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang cara berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut dalam hidup Anda lagi.

    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa agar ALLAH memberkatinya untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    ReplyDelete
  16. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.
    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    ReplyDelete