Feb 20, 2016

Ngelamar Kerja di BRI (Bagian 2)

Postingan ini adalah Episode 2. Kelanjutan dari Episode 1 yang gw tulis di sini 4 bulan lalu. Tapi karna kesibukan gw yang weekend juga harus lembur, jadilah baru ini gw sempet update kelanjutan ceritanya. Jadi maklum aja yah.
Gw saranin kalian baca Episode 1 nya dulu, karna di Episode 1 kemaren Miska lagi berantem hebat sama Fitri, gara gara Miska mergokin Fitri dan Farel lagi pacaran di kolam ikan.

Sebelum lanjut, bisa kali subscribe channel YouTube gw ya.. Makasih

4.   WAWANCARA AKHIR

Setelah LULUS tahap psikotest, dan mengirim berkas tambahan AKHIR, lagi lagi kita cuman bisa nunggu dan nunggu. Menunggu info kapan jadwal wawancara akhir, semoga aja gak tabrakan sama jadwal pekerjaan. Karna bagaimana pun, pekerjaan yang udah ada, bagi gw adalah yang utama. Serius.

Kalo gak salah 18 Desember 2014 jam 9, iya 3 minggu setelah mengirim berkas baru pemanggilan untuk wawancara akhir. Waktu itu hari Kamis, gw inget betul. Karna waktu itu kita satu sekolah ada suatu acara yang lumayan gede, sampe sampe Pak Gubsu juga ikut menghadiri. Syukur lah, kegiatan belajar mengajar ditiadakan hari ini. Sehingga gw ijin untuk gak masuk ngikutin acara. Iya gw bohong lagi, gw bilang ada acara keluarga, dan akan menyusul siang nya.

Tapi, apa lah daya. Kita yang berencana, Allah yang menentukan. Wawancara awal gw emang beruntung, di waiting list nomer satu. Yang pertama dipanggil. Kali ini gw berada di nomer 2, DARI BAWAH. Total peserta sedikit sih, cuman 32 orang aja. Tapi jumlah ruangan wawancara nya cuman 2, dan 1 ruangan ya 1 orang pelamar, dan durasinya itu paling cepet sekitar 30 menit. Beda kayak wawancara awal, 4 pelamar dalam 1 ruangan, durasinya juga paling 10 menit.

Gw berharap gw selesai pas siang tengah hari. Taunya malah sore. Setengah 4 men. Giliran gw jam 3 kurang. Gokil!

Itu artinya, gw absen total di acara sekolah.

18 Desember.
Pagi itu 5 menit sebelum jam 9 gw udah nyampek di BRI Kanca Rantau Prapat. Pakaian gw masih sama. Kemeja putih lengan panjang waktu wisuda gw, dan celana keper hitam. Sengaja gw pilih warna putih aja, karna menurut gw putih itu netral. Pas banget buat wawancara.

Seperti tips yang udah gw sampaikan di postingan sebelumnya, sebelum wawancara, gw nyiapin materi-materi yang menurut gw bakal ditanyain. Gw nyiapin contoh contoh jawaban yang mungkin akan ditanyakan ke gw.
Selain itu gw juga baca bacain informasi seputar BRI dari website nya. Kayak sedikit sejarah, visi dan misi, jajaran direksi dan komisaris utama, dan sedikit produk umum BRI nya. Kemudian yang terakhir, gw juga coba browsing berita berita seputar BRI yang lagi hype, misalnya laba BRI tahun sebelumnya, dan tahun berjalan (triwulan 1, 2, 3).

Ya ampun, selengkap itu war?
Absolutely, YES!!!
Kita gak tau, apa yang ditanyakan pewawancara ke kita. Apalagi yang bisa kita lakukan kalo gak menyiapkan segala kemungkinan yang terjadi?

Jadi, beneran ditanyakan gak yang gw persiapin?
Not at all. But, over all, YES.
Iya, kebanyakan kope'an gw keluar. Beruntung yah? Gak juga sih.
Kebanyakan yang ditanyain ke gw kemaren adalah tentang pekerjaan gw sebelumnya. Kalo yang lain lain itu selingan aja menurut gw. Intinya wawancara akhir ini tentang MENGGALI POTENSI DIRI, DAN CARA PANDANG KITA TERHADAP MASALAH. Itu.

Dan ini beberapa pertanyaan-pertanyaan yang gw inget kemaren. Oh ya, anyway durasi gw diwawancarain itu lebih dari 40 menit loh. Gw gak tau, apakah mereka seneng ngobrol sama gw atau mereka memang belom mendapatkan mata air yang cukup di dalam diri gw, sehingga mereka yakin akan merekrut gw. Only God knows.


  1. Back to basic, gw disuruh memperkenalkan diri lagi. Karena pewawancaranya beda lagi dari yang awal kemaren. Total nya ada 3 orang, iya 3 lawan 1. Kalian harus menang. 
  2. Gaji kamu berapa sekarang? Gw langsung jawab jujur, beserta tunjangan lain lain yg gw terima dalam setahun.
  3. "Kamu kan udah kerja, gaji kamu juga udah oke. Besar loh itu, lebih besar dari Frontliner BRI malah, kenapa masih mau ngelamar ke BRI sih?" Dalem ati gw, ya ampun masa sih gedean gaji gw? Serius kamu Pak? Tapi dalem ati aja. Karna gw yakin mereka bohong, cuman "apa" aja. Menurut gw kalian harus bilang lebih mengutamakan karir dulu dari pada gaji, trus kalian juga harus menonjolkan kelebihan BRI dibandingkan Bank tetangga sebelah, karna gw jawab gitu. Kalo di BRI itu jenjang karir nya bla bla bla bla. BRI jaringan kerja nya sangat luas hingga ke daerah, sehingga kesempatan untuk berkarir pun sangat besar. Atau bisa juga karna BRI merupakan Bank komersial terbesar di Indonesia yang tiap tahun nya selalu menghasilkan laba terbesar. Tapi hati hati juga, jangan asal ngomong SOK TAU, kalian harus nyiapin data hasil browsingan dari website media, banyak kok. Gw ngumpulin datanya dari DETIK.COM gw yakin itu berita valid dan gak HOAX. Karena bisa jadi mereka bakal nanya balik, kamu tau dari mana?
  4. Mulai nanya nanya soal kerjaan kita. FYI, gw sebelumnya Staf Tata Usaha di 2 sekolah besar yg muridnya lebih dari seribu orang, selain itu juga gw ngajar komputer. Iya gw guru. Dalam hal ini, ternyata mereka lebih tertarik sama kerjaan tata usaha gw. Mungkin karna dunia administrasi kali yah. Gw disuruh cerita gimana cara kerja gw di sekolah, mengenai laporan, sampai pengiriman laporan ke Kantor Dinas Pendidikan. 
  5. Bagaimana kamu yakin bahwa pekerjaan yang kamu kerjakan itu benar dan sudah akurat hingga pantas dilaporkan? 
  6. Trus mereka buat contoh kasus nih, "misalnya ada seorang siswa yang udah TAMAT 10 tahun yang lalu ingin mengurus ijazah nya yang hilang dicopet ANT MAN, gimana prosesnya?" Di point contoh kasus seperti ini, kalian harus cerdas. Jawab dengan cara kerja kalian yang agak modern, atau berbeda, apalagi jaman sekarang udah serba komputer. Kalian harus punya trik sendiri dalam bekerja sehingga memudahkan pekerjaan kalian. Karna kalo kita salah jawab di contoh kasus kayak gini, menurut gw kita bakal selesai. Iya, pulang maksudnya. Di sini gw jawab dengan mengandalkan Buku Induk Siswa Digital. Gw buat database sendiri yang sederhana di komputer, untuk memudahkan gw mencari data-data dan nilai seluruh siswa, meskipun udah TAMAT 1 abad yang lalu. Tetapi tidak melupakan yang manualnya, karna gimana pun juga, bukti arsip nyata adalah di Buku Induk versi hard copy nya. Mereka bertiga manggut-manggut. Sesimpel itu. 
  7. Apalagi yah? 
  8. Oh iya ya juga ditanya, sebagai Frontliner BRI gimana cara kamu menarik calon nasabah supaya mau memakai produk BRI? 
  9. Dalam sebulan, berapa banyak kamu bisa menarik calon nasabah yang mau menabung di BRI? 
Karna gw jawabnya agak sombong, iya gw jawab 30 orang bayangin, 30 ORANG! Gw ditanya lagi gimana caranya? Gw bilang aja dengan latar belakang pekerjaan gw sebelumnya di dunia pendidikan, gw akan buat kerja sama ke pihak sekolah untuk merekrut penabung baru usia dini (pelajar) karna saya yakin BRI pasti ada produk semacam itu.

Nih gw kasih tips etika saat wawancara :
  1. Ketuk pintu saat mau masuk ruangan, dan bilang PERMISI PAK, dan biasanya langsung diajak berjabat tangan.
  2. Kemudian duduk saat dipersilahkan. Duduk yang tegak dan sopan, rileks. Gak usah tegang. 
  3. Perhatikan pertanyaan dengan baik, jangan sampe mereka harus ngulang, karna kebanyakan pertanyaan mereka lumayan panjang panjang. Bisa diusir kalian dari ruangan. 
  4. Saat berbicara, pastikan suara kalian harus jelas dan sopan, harus meyakinkan. Jangan ALAY plis! 
  5. Trus gak usah cengar cengir gak jelas. Atau banyak bergumam, ak ik uk.. mmm.
  6. Terakhir, BERBOHONG lah seperlunya. 
Segitu aja dulu yah. Kalo kalian masih mau nanya-nanya lebih lanjut silahkan komen di bawah atau hubungi gw di social media @anwardanuarta

5.   MEDICAL CHECK-UP
Iya, tes kesehatan artinya.
Seperti biasa, gw harus menunggu lagi. Sebenernya di tahap ini gw kurang yakin sama diri gw sendiri. Agak pesimis gitu lah. Tapi setelah gw ada kesempatan untuk keluar bareng pakde, rekan kerja gw di sekolah dulu, sekaligus temen deket dan tempat gw ngutang hahaha... Gw cerita semuanya ke dia.

Ajaib, entah kenapa dia malah yakin kalo gw bakalan lulus setelah mendengarkan curhatan gw. Gw juga ikutan optimis pada saat itu. Tapi tetap tidak sepenuhnya. Gw pasrah aja, lulus ya syukur gak lulus ya BRI kebangetan. Karna sakit banget guys, saat kalian udah berharap sepenuhnya, tapi malah gagal. Gw udah pernah ngerasain soalnya. Halah malah curcol.

Seminggu kemudian, tanggal 24 kalo gak salah gw ditelpon. Eh ditelpon apa di sms yah? Duh gw lupa.
Gw dapet panggilan untuk mengikuti medical check up di Medan pada tanggal 26. Gw lupa apa nama tempatnya. Yang jelas kita disuruh ngumpul dulu di PKSS Medan buat ambil Surat Pengantar ke Klinik, biar GRATIS.
Kali ini gw gak ganggu acara sekolah lagi. Karna memang liburan semester.
Gw seneng banget lah, akhirnya gw maju lagi ke tahap selanjutnya. Dan entah kenapa gw berpikiran gw udah resmi lulus. Bener-bener lulus. Karna kata kata orang kan kalo udah kesehatan pasti udah lulus, kecuali punya penyakit kronis kayak HIV, bau mulut dan bau badan.

Gw berangkat ke Medan masih bareng Miftah. Alhamdulillah, kali ini kita cuman berdua. Dia udah gak dikawal lagi. Kita sebangku. Bukan pangku-pangkuan kok, cuman bersebelahan aja.
Sesampainya di Medan, ternyata di antara yang 32 orang waktu wawancara akhir kemaren, tersisa lah hanya 6 embrio. And yes, I'm very thanks god to be the lucky winner.

Nah, jadi di test Medical Check-up ini proses nya itu mulai dari
  1. Isi formulir pendaftaran.
  2. Dipakein gelang kerlap kerlip Panji Manusia Milenium. Bukan bukan, sejenis gelang nomer antrian gitu.
  3. Periksa mata, waktu itu gw udah min 0,75. Gw khawatir kegantengan, jadi gw buka aja kacamata gw. Tau nya jadi pada error semua, angka/huruf yang ditunjukin sama Mbak Mbak nya pada gak keliatan, bikin dia emosi. "Mata kamu udah minus ya?" Kok tau? "Karna kamu telah meminuskan hati aku.." *matih* Iya mbak.. Gw coba jawab serius. "Pake kacamata?" Iya mbak.. Jawab gw lagi. " Kacamata nya mana? Kok gak dipake? Pake aja." Baik mbak, sebentar. Gw langsung pulang. Trus mbak nya bilang, "kalo cuman minus gitu gak papa kok, gak usah khawatir". Syukurlah.
  4. Abis mata, lanjut periksa mulut. Mulut gw dimangap-mangapin, trus disenter senterin sama dia. Gw gak tau apa yang dicarinya. Mungkin nyari puingan Pesawat MH370 milik Malaysia Airlines, tapi akhirnya gak ketemu. Dia nanya, "sehari sikat gigi berapa kali?" Gw jawab "ng...ai.aa##$&**.. ak". "Oh maaf, mulut kamu masih mangap ya" katanya. "Hehehe.. 2 kali mbak" jawab gw sambil nyedot liur gw yang hampir tumpah.
  5. Periksa darah. Ini nih yang paling horor. Tangan gw disuntik kosong, trus disedot sampek berapa cc gw gak ngerti. Yang penting 1 tabung suntik ukuran sedang gitu full. Gw kebagian giliran nomer 4. Gw menyaksikan mereka yg meringis kesakitan. Parahnya si Bagus tuh, lebay. Pake jerit jerit keenakan. Dia yang paling susah disedot, ngelawan sih. Rileks aja seharusnya kayak kata mbak mbaknya. Darahnya juga agak item, kotor. Hih. Gak tau kenapa. Giliran kak yohanes, dia kan agak gemuk tuh, lengan nya gede. Jadi harus diiket, ntah apa namanya gw gak tau, supaya urat nya keliatan biar lebih mudah nyuntik nya. Ajaibnya dia malah gak kesakitan sama sekali, malah kegelian katanya. Jangan jangan salah suntik nih. Pas giliran gw, sumpah asli gw bener bener takut. Sampe mbak mbak nya, agak kesulitan. Liat tv aja mas, kalo takut. Jangan liatin suntiknya, nanti kalo udah selesai Mbak kasih cokelat cadburry yah. LOH, APA APAAN INI? GW DISOGOK? Trus gw nanya, mbak itu kak yohanes kenapa diiket? Aku mau diiket juga dong biar gak sakit. Trus dia jawab "iya karna urat mbak nya gak keliatan makanya diiket, mas kan udah keliatan, tapi gak papa kalo mas nya mau". Akhirnya lengan gw diiket trus disedot. Ajaib men, gw sama sekali gak ngerasain ada tusukan dan sedotan. Tiba tiba udah selesai aja. Dan darah gw merah darah normal, gak kotor apalagi warna biru.
  6. Selanjutnya masuk ke ruangan rontgen, kita dibagi 2 kelompok, laki laki dulu. Di ruangan itu isinya ada 2 dokter ibu ibu. Dan seperangkat peralatan medis canggih menurut gw. Gak lama sih, cuman disuruh buka baju trus menghadap ke layar scanner nya dengan posisi dada dibusungkan, tangan dilipat ke belakang posisi istirahat di tempat. Ajaib banget tengkorak gw keliatan, hati gw juga keliatan lagi berbunga-bunga waktu itu. Hanya saja warna nya hitam putih seperti film negatif kamera jaman dulu. Hati hati guys, posisi kalian jangan miring, ikuti petunjuk buk dokternya. Temen gw Bang Sulai, terpaksa harus mengulang, balik ke Medan setelah 2 hari selesai test. Khusus rontgen ulang karna hasil dia gak sesuai atau gimana gw gak ngerti. Mungkin dia berpose tangan peace, mulut dimonyongin, dan kaki kiri agak dipatahin.
  7. Kemudian tes urin. Ini yang paling gokil. Kita bertiga masuk toilet barengan. Trus kita kencing-kencingan. Mampus lo! Hahaha. Masalahnya sebelum ke Klinik ini, gw abis kencing di PKSS. Semua udah gw tumpahin disana. Setelah berusaha mengeluarkan tenaga dalam dan bantuan bola dragon ball KAME HAME HA, gw kayak mau ngeluarin pipis anak balita sebelum tidur malem tau gak, megangin titit sambil "ssshh.. ssshh.. sssh.. pipis dong tit" gitu. Akhirnya gw kencing dikit banget. Cukup lah menghilangkan rasa haus mereka.
  8. Terakhir, kita masuk satu satu ke ruangan tertutup lagi, ada 1 dokter, dan dia cantik banget. Suara nya juga merdu kayak Super Junior. Disitu pemeriksaan fisik. Tapi gak terlalu serius kayak gw waktu TES CPNS KEJAKSAAN AGUNG 2013 kemaren, sampe BUGIL! Hanya bagian dada aja dielus elus, kemudian dia mendengarkan irama degupan jantung kita melalui earphone nya. Romantis banget. Dia juga kepo nanya-nanyain kebiasaan kita sehari hari. Dari mulai masalah begadang, konsumsi obat, makanan junk food. Jawab jujur aja. Jangan bohong, karna kaum wanita akan tau saat kita bohong, bagaimana pun caranya.
Selesai. Kami pun diperbolehkan untuk pulang. Gw balik ke stasiun, masih bareng Miftah. Kita gak kedapetan kereta yang berangkat jam 11. Nunggu sampai jam 3 di resto sekitar stasiun.

Tiap hari gw masih nunggu kabar baik dari BRI. Gw berharap jangan sampai selesai liburan semester ganjil ini. Karna 5 Januari 2015 gw bakalan masuk lagi semester 2. Tapi kalo sebelum tanggal 5 gw udah dipastiin lulus kan lebih enak gw untuk ijin resign dari sekolah.
Alhamdulillah, doa gw dijawab. Jumat pagi tanggal 2 Januari 2015, sekitar jam 8 gw ditelpon pake nomer telpon lokal. 0624xyz. Gw masih tidur, kayak masih setengah sadar. Akhirnya gw kaget langsung duduk di kasur.
Gimana Buk gimana?
Saya dari BRI Kanca Rantau Prapat ingin memberitahukan bahwa kamu lulus dalam proses rekrutmen. Harap hadir pada Senin 5 Januari Pukul 7 di Kanca Rantau Prapat dengan membawa kelengkapan dokumen, mohon dicatet yah.
Iya buk, sebentar buk. Gw langsung panik nyari pulpen, akhirnya yang dapet malah lipstick emak gw.
KTP asli dan foto copy 2 lembar, copy SKCK yang dilegalisir, asli surat keterangan belom menikah dari kelurahan, NPWP, dan buku tabungan BRI yang masih aktif.
Baik buk. Oh ya buk, mengenai pakaian gimana?
Pakai kemeja panjang putih dan celana hitam keper aja.
Baik buk. Terima kasih.

Yeay!!! Finally, terjawab sudah rasa penasaran ku. Gw langsung siap siap mandi buat ke kelurahan dan kantor pajak.

Gw ijin resign ke kepsek gw di malem Senin nya setelah memberanikan diri. Dan ternyata mereka ikut seneng dan bangga denger kabar ini. Beda banget sama ekspektasi gw. Gw udah nyiapin kata kata sepanjang hari. Ternyata kope'an gw kali ini gak keluar.

Senin nya, kita ke Kanca untuk tanda tangan PKWT. Dan Selasa nya kita nerima Surat Penempatan tugas.
Alhamdulillah banget, di antara kita berenam, gw ditempatkan di Unit Kota, Unit Diponegoro, dan Miftah di Ujung Bandar. Selebihnya ada Bagus di Ajamu, kak yohanes di Aek Kanopan, Rina di Pamingke dan bang sulai di kampung nya sendiri, Aek Kanopan juga. Beruntung banget yah gak perlu ngekost.

Jadi gitu ceritanya. Tapi untuk perekrutan 2 kali terakhir ini, pihak manajemen meminta kelengkapan semua berkas langsung di awal pada saat memasukkan lamaran. Mungkin mereka hanya menyeleksi yang serious only. Biar gak banyak banget yang ngelamar, tapi tetep aja pelamar baru gw liat gak ada kurangnya.

Oke teman teman segitu aja sharing pengalaman gw kali ini. Semoga bermanfaat buat kalian yang lagi cari cari kerja, atau buat temen gw yang lagi ikut perekrutan bulan ini, semoga LULUS yah, dan bergabung sama gw.

Lain waktu kalo ada kesempatan gw akan sempetin buat posting pengalaman gw selama di BRI yah.

Yang mau nanya-nanya ke gw langsung, monggo komentar di bawah aja, atau mampir ke sosmed gw di @anwardanuarta

Udah di-subscribe kan??? 


Babay.

285 comments:

  1. Ohh blogger juga bang?
    Bagus ya tulisannya bang, kocak jugaa.
    Kapan-kapan nulis tentang liburan kemaren dong hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, ditunggu yah..
      Jadi semangat nih ada yg baca hahaha

      Delete
    2. Bang skrg jd nya udah kerja di BRI ya ?itu gimana jenjang karir nya bang? Stau saya kan PKSS itu outsourching yaaa. Terus ada jaminan buat pegawai tetapnya ga bang?

      Delete
    3. Utk jenjang karir dan PT di BRI sangat terbuka lebar bagi yg mau dan berprestasi dek.
      PKSS anak perusahaan BRI yg melakukan rekrutmen. Kalo utk frontliner sih PKWT BRI langsung bukan OS.

      Delete
    4. Untuk frontliner PKWT BRI langsung walaupun melamarnya lewat PKSS kak ? .. krn kan saya baca di web PKSS nya bisa melamar frontliner lewat sana..

      Delete
    5. Okee terimakasih banyak atas info nya yaaa bang

      Delete
  2. Wah selamat ya bg udah masuk BRI dan udah kerja di unit dipo. Keknya abg ini kenal ku lah. Sering nampak pas doa pagi di dipo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih loh feb..
      Kamu kan?? Ooh.. Iya iya. Kamu kan yg selalu pertama kali ngantri di depan kantor waktu belum buka kan?
      Iya iya.. ya ampun, makasih ya udah mampir :))

      Delete
  3. Kak. Untuj salary sebagai frontliner di kisaran berapa ya kak? Mohon informasinya kak. Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  4. Kak. Untuj salary sebagai frontliner di kisaran berapa ya kak? Mohon informasinya kak. Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  5. Kalau boleh tau kontraknya brp lama bang? :D

    ReplyDelete
  6. Ohya bang, waktu ttd PKWT apa masih boleh mundur? Kan kita blm tau jelas isi kontraknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ditandatangani masih boleh ambil keputusan lanjut atau tidak..

      Delete
  7. Selesaiblolps psikotes ino , suruhbngmpulin berkasss , ya semoga lolos bismiillah

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Bg kalau gak lulus gmn bg? Apa yg harus aku perbuat bg? Aku lelah dengan semua ini bg. Aku lelah bg!

    ReplyDelete
  10. Coba lagi dan coba lagi, kamu masih muda kisanak..
    Tugu Adipura Rantau Prapat tidak dibangun dalam sehari.

    ReplyDelete
  11. Mas ada batasan usia gak utk mlmar kerja di bank?? Krn usia sya udh mpet2 ke sperempat abad 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak, untuk frontliner maksimal 26 tahun dan belum menikah.. :D

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Bang, boleh saya tau, kmrn penempatan utk kanca BRI mana?. Trus interview user nya di pkss nya atau di bri kanca penempatannya?

    ReplyDelete
  14. Bang, mau tanya kan baru2 ini lulus psikotes udah pemberkasan tapi blm ada panggilan juga? Abg kmren 3 mingguan yah?

    ReplyDelete
  15. Bant tanya dong, itu kan fl yaaa, apa masih bisa naik tingkat ke backoffice yaa kira kira?

    ReplyDelete
  16. Bant tanya dong, itu kan fl yaaa, apa masih bisa naik tingkat ke backoffice yaa kira kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal jenjang karir di BRI sangat terbuka lebar utk kita yg mau dan berkinerja baik bang..
      Banyak JO (job opening) dibuka secara transparan.

      Delete
    2. Bang kira2 jarak lama pemberkasan ke penempatan nya brapa lama y? Dan FL itu kan ada dua tuh CS dan Teller, kita yg pilih atau pihak BRI yg memilih ??

      Delete
    3. Bang kira2 jarak lama pemberkasan ke penempatan nya brapa lama y? Dan FL itu kan ada dua tuh CS dan Teller, kita yg pilih atau pihak BRI yg memilih ??

      Delete
    4. Setelah pemberkasan kan wanhir tuh, abis itu masih tes kesehatan lagi..
      Baru lah pengumuman kelulusan dan penempatan (sekitar 2 minggu).
      Utk posisi cs atau teller dari BRI yg nentuin

      Delete
  17. Misi mas mau nanya, itukan masnya uda pnya pengalaman kerja yak nah kalo freshgraduate bgmana bsa gak? Terus katanya bri kan ada pelatihanya dulu sebelum kerja, itu bener nggak? Terimakasih banyakk ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fresh graduate bisa mbak, ga da masalah.
      Iya bener pendidikan, tapi utk jadwal bisa jadi langsung pendidikan bisa jadi nunggu, karna jadwal dari kanwil/corporate university nya.
      anwardanuarta.blogspot.co.id/2015/06/sendik-bri-medan.html

      Delete
  18. Salam kenal bg aku dr kanca tanjung balai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga dari rantauprapat..
      Temen saya ada di sana bang candra..

      Delete
  19. Mas, mau nanya.. harus menyertakan foto postcard seluruh badan gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa waktu pemberkasan akhir mbak, setelah lulus psikotest..

      Delete
  20. Mas saya mau tanya utk tes kesehatan gigi saya kan ada yg berlubang apakah itu jd mslh nntinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dokter nya sih tidak. Perusahaan hanya tidak menerima pribadi yang sakit, yg menyebabkan perusahaan terlalu banyak mengeluarkan biaya perawatan pekerja nya.

      Delete
  21. Bg mau nanya masalah kontrak nih. Untuk FL apa bener langsung di kontrak nya dgn BRI bukan dgn Outsourcing? Soalnya saya pertama kali masukin lamaran dari PKSS.
    Trs kalo udah selesai kontrak setahun apa langsung diangkat jd pegawai tetap atau tetap ada tes lg?

    ReplyDelete
  22. Pas banget lagi cari2. Sama juga akhir taun. Bang bantu dong kira2 dari interview awal ampe ttd kontrak berapa lama yaa. Kebetulan saya sudah mau masuk interview kanwil. Katanya disuruh tunggu dipanggil sama kanwilnya. Tp ditunggu udah sekitar 3 minggu belum ada telp aja. H2C nih jadinya
    Tolong jawab yaa :)

    ReplyDelete
  23. Keren bgt tulisan y kak kocak abis, q baca dr awal sampe selesai. Ini jg q lg ikut rekrutmen bri pkss yogyakarta. Doa in kak lolos hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks yuli..
      Salam buat Jogja yah. Good luck kamu..

      Delete
  24. bang mau tanya kan kontrak bri pertamanya 1th trs kalo abis kontrak kedepannya gimana ? diperpanjang tp tetep kontrak atau ikut tes peg tetap ? trs selama status nya masih kontrak boleh menikah ga ? minta infonya yah . thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan diperpanjang jika kamu masih layak untuk dipekerjakan. Utk jalur pegawai tetap kamu harus mengikuti job opening lagi, minimal 6 bulan kerja bisa ikut.
      Menikah boleh, walaupun masih kontrak. Tapi jangan sama orang bri juga yah, harus salah satu nya mengalah untuk keluar.

      Delete
  25. kalau di perpanjangnya tiap satu tahun sekali ? kalau posisi jabatannya ada sistem rolling naik grade gitu ngga ? misalkan awalnya sbg teller nantinya pindah posisi atau terus aja jd teller ? maaf banyak nanya yah soalnya butuh info lsg dr org intern biar infonya akurat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah saya jawab mbak di atas. Minimal 6 bulan bisa iikut job opening, naik jabatan atau grade. Tks

      Delete
  26. bg mau tanya kalo ada sepupu yg kerja di bri bisa keterima gak? sya udh tes sampe mcu khawatir karna saya bilang ada abg sepupu yg kerja di bri juga sebagai satpam.. mohon infonya ya bg:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepupu kamu sebagai apa trus di bri mana?
      Kemudian kamu coba melamar posisi apa dan di bri mana?

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. sepupu sya sebagai satpam di bri tanjug morawa dan saya melamar sebagai frontliner di bri lubuk pakam bg..

    ReplyDelete
  29. kita tuh wajib punya tabungan (buka tab di bri dulu ya bang? sblm ngelamar ke bri? saya mau melamar frontliner dibri tapi saya ga pake tabungan bri bang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib setelah masuk, karna otomatis gaji yg diterima kan ke rek bri juga. Kalo belum lulus sih cukup mengetahui produk bri aja. Trims

      Delete
  30. Mantap ki s anak
    Besok saya wawancara user di BRI KANCA Blora,doakan lancar ya
    Salamsuper

    ReplyDelete
  31. Bang mau nanya, klo udah diterima dan di kontrak 1 tahun sprti yg abang blng, andaikan di tengah perjalanan kita keluar tiba2, apa ada sanksix bang? Makasih bang...

    ReplyDelete
  32. Bang mau nanya, klo udah diterima dan di kontrak 1 tahun sprti yg abang blng, andaikan di tengah perjalanan kita keluar tiba2, apa ada sanksix bang? Makasih bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kena pinalty. Sebesar gaji x sisa bulan kontrak.
      Contoh kontrak kamu 6 bulan lagi, dan gaji 1jt. Berarti pinalti kamu 6jt. Tks

      Delete
  33. suka tulisanya bg sampe ketawa2 sendiri ^_^ bikin buku aja *saransih

    ReplyDelete
  34. Ig nya udah aku follow. Follback dong mas.

    ReplyDelete
  35. Anda berbakat jadi penulis. eh pelawak

    ReplyDelete
  36. Bang kalo uda masuk test kesehatan kemungkinan lolosnya brp persen sih? Dan gak punya penyakit kronis sih bang

    ReplyDelete
  37. hai mas, aku mau tanya nih sedikit pertanyaan yang agak nyeleneh (aneh) tapi penting menurutku. untuk foto seluruh badan baiknya kita senyum nunjukin gigi atau nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih nunjukin gigi mbak hahaha..
      Kalo gigi ada yg ompong bagus nya jangan sih *peace*

      Delete
  38. Mas ganteng numpang kepo hhee. Benarkah kpsg jg vendor BRI? thx.

    ReplyDelete
  39. mas, mau tanya mas, kalo med check up, berat badan trus gigi geraham yg udah ompong, masih layak gak buat lulus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selagi gak obesitas atau kekurusan gak masalah mbak..
      Kalo soal geraham gak tau deh mbak, memang gigi diperiksa juga sih..

      Delete
    2. wah galau mas jadinya huhuhu, trus kalo misalnya kita di tahap interview kanwil apa ke kanca mas ?

      Delete
    3. Interview akhir di kanca.
      Tapi sekarang di tempat saya ada satu test tambahan lagi sebelum interview Akhir ada performance test namanya, dan ini proses nya di kanwil

      Delete
    4. saya kemaren antarnya di kanca balige mas, bingung jugak, soalnya bri ngabarin skrg, besok udah tes, kalo taunta di kanca pdhl masi di medan gimana ya hahaha, trus mas , brarti duluan yg di kanca apa kanwil ?yg stlh psikotest mksdnya

      Delete
    5. Harus usaha dan sesuai jadwal. Gak bisa minta dispensasi waktu walaupun kamu di luar kota.
      Setelah psikotest, performance test di kanwil medan, setelah itu wanhir di kanca. Thx

      Delete
  40. Doakan saya bg. Baru panggilan paikotes

    ReplyDelete
  41. Doakan saya bg. Baru panggilan paikotes

    ReplyDelete
  42. Bang mau tanya nih misal kita sdh masuk di umur 24 trs
    Fl kan maks 26 jadi stelah 26 apakah bakal didepak dari BRI?

    ReplyDelete
  43. Bukan gitu mbak.
    Usia 26 adalah maksimal ngelamar di VRI. Kalo udah jadi FL maksimal 35 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Trs mas, saya sdh smape tahap kesehatan nih rentang waktu tes ke pengumuman itu memang agak lama ya?
      Soalnya sdh hampir seminggu ini blm ada kabar nih itu gmn yaa mas?

      Delete
    3. Trs mas, saya sdh smape tahap kesehatan nih rentang waktu tes ke pengumuman itu memang agak lama ya?
      Soalnya sdh hampir seminggu ini blm ada kabar nih itu gmn yaa mas?

      Delete
  44. Bang mau tnya sya udh tahap wawancra akhir di BrI utk FL.
    misalx lolos amin..
    kira2 stlah brpa lama bkerja boleh menikah??
    Mksh bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada larangan untuk menikah mbak, kecuali sesama pekerja BRI.

      Delete
  45. Bang saya kan berkacamata,klo pas wawancara sm test psikotest kcmta dipke apa dilepas? Mksh

    ReplyDelete
  46. Salam kenal mas Anwar. Mau tanya .. waktu wanhir 32 orang apakah berbeda-beda unit cabang saat mereka melamar? terus dibedakan yang berasal dari outsourcing dan langsung BRI? thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana ya?
      32 org peserta itu di satu kantor cabang pasti nya

      Delete
  47. oh gitu ya mas. kebetulan kemarin total 27 orang (wanhir)di kanwil BRI jl. asia-afrika (BDG) untuk penempatan Cirebon dan dibedakan berdasarkan tempat mereka melamar (14 orang unit Kartini (cirebon), 5 orang unit Jatibarang (Indramayu),dan 8 orang unit Gunung Djati(Cirebon). Dari data 27 orang tsb juga dibedakan berdasarkan apakah mereka melamar melalui KPSG/PKSS/BRI. Saya juga bingung sih mas. tp Alhamdulillah pukul 20.33 WIB saya dapet sms untuk MCU. Minta doanya mas hhee

    ReplyDelete
  48. Maaf menambahkan. Jumlah orang dari tiap unit (Kartini, Jatibarang, & Gunung Djati) merupakan hasil seleksi tiap unit tsb. Curiga se-wilayah 3 Cirebon seleksinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sekarang memang ada tambahan tes, performance test, dan itu di kanwil wawancara nya. Tapi kalo utk penempatan sih biasanya unit kerja yg paling deket dengan domisili kita, bukan yg lain lain.
      Tapi yg 3 Unit itu masih satu cabang kan?

      Delete
  49. Saya laki-laki mas he peace. Kayaknya beda mas. kayaknya sih dari masing-masing KC(Cirebon/Jl.Kartini, Gunung Djati/Jl. Kesambi, dan Jatibarang) punya unit KCP lagi. tapi entahlah mas. Senin (27/3/2017) saya medcheck mohon doanya. Oh ya, kalo sampai di tahapan Medcheck kesempatan untuk masuknya berapa persen ya mas? he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sorry bro hahaha...
      Kalo udah kesehatan mah udah 99% bro, asalkan kamu sehat, gak ada penyakit penyakit aneh. 1% nya lagi takdir hehe

      Delete
  50. Thanks mas untuk sharingnya. Humble ternyata. Good luck mas moga sukses hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks bro..
      Semoga lulus dan segera bergabung di BRI

      Delete
  51. Broo... Kan saya udah ttd kontrak sama teman saya 1 org. Temen saya itu dipanggil di KC BRI. knp saya gak dipanggil ya?? Perihal apa ya?? Dan 1 lagi apa ada pelatihan untuk posisi front liner.?? Masalahnya saya langsung disuruh masuk bsuk senin. Di KC BRI trrsebut.

    ReplyDelete
  52. bang mau nanya, ini saya kan masih ada pasang pen pada tulang bahu saya. kira2 itu menjadi masalah tidak saat tes kesehatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau bri kalo soal itu..
      Optimis aja, mudah mudahan tidak menjadi masalah asalkan tubuh kamu sehat..

      Delete
  53. Bang klo tdk hadir saat ttd kontrak p dianggap gugur...misal minta tgng wktu g bsa ya...lalu misal bri itu mmbutuhkan 3orang yg satu mundur pa ngambil pengganti salh satu peserta yg ga lolos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes dianggap gugur. Kayanya gak bisa tenggang waktu deh.
      Kalo diambil dari pengganti nya sih bisa jadi, mungkin akan dipertimbangkan jika hasil psikotest nya direkomendasikan.

      Delete
  54. Bang klo tdk hadir saat ttd kontrak p dianggap gugur...misal minta tgng wktu g bsa ya...lalu misal bri itu mmbutuhkan 3orang yg satu mundur pa ngambil pengganti salh satu peserta yg ga lolos?

    ReplyDelete
  55. Bang, abis ikut rekrutmen sikotes di pkss. Tp kok kmrin pengumumannya 1-2 bln ya buat lnjut ke wawancara akhir ?

    ReplyDelete
  56. Bang mau tanya. Saya pingin liat2 info loker di e rekrutmen bri. . Nah disitu kn sruh ngisi dt2 g2, dan smua yg wajib diisi udh saya isi. . Cma saya ragu sama yg di riwayat penddikan, krna saya blum lulus s1, jdi gak sy isi thn kluarnya. .(cz llusnnya msh bln sep) dan wk2 saya mw liat lokernya, mncul tulisannya "Pastikan anda telah melengkapi data anda sebelum melakukan lamaran pekerjaan", apa thun kluarnya itu yg mmpngruhi gak mnculnya loker. . ?? Dan waktu mau edit riwayat penddiknya, udh kkunci n gak bza di edit. Kira2 solusinya gmna y?? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan login kemudian edit data. Bisa kok..

      Delete
    2. Silahkan login kemudian edit data. Bisa kok..

      Delete
  57. Pagi bang..
    maaf bang.. bisa gak bang krim contoh foto miring yang 4x6 itu bang..
    makasih bang..

    ReplyDelete
  58. Pagi bang..
    maaf bang.. bisa gak bang krim contoh foto miring yang 4x6 itu bang..
    makasih bang..

    ReplyDelete
  59. Bang maaf nih mau tanya, klo hasil wanhir statusnya di pertimbangkan karna menunggu tersedianya formasi, itu artinya gmn yah pasti lolos apa ngga?

    ReplyDelete
  60. Bang mau tanya sy dapet panggilan untuk psikotest ketentuan syaratnya bawa foto berwarna ukuran 4x6 dan materai itu untuk apa ya bang

    ReplyDelete
  61. bang mw nnya nie, kmren saya udah smpai tahap akhir bahkan ijazah asli saya sudah di tahan oleh pihak PKSS,setelah 3 minggu berlalu kami tidak di telfon juga oleh pihak BRI,dan ternyata temen saya ada yang dpt telfon oleh pihak BRI, tetapi 3 orang yang di telfon ini di sruh merahasiakan hal tersebut oleh pihak PKSS,saya perlu saran abang karena saya penaran kenapa mereka tidak transparan, padahal ijazah asli kami masih di tahan oleh pihak PKSS,, Mhon jawaban dri abang,, trmaksh sebelum nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kamu masuk waiting list. Menunggu formasi berikutnya..

      Delete
  62. Nice info bang, makasih hehe sukses selalu :)

    ReplyDelete
  63. oohh gt ya bang,, brarti msh ada harapan ya bang buat krja di BRI,, mksh y bang atas info nya.

    ReplyDelete
  64. Bang mau tanya kalau MUTUALPLUS itu vendor BRI jg kagak? Thx yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau bro.. tau nya cuman PKSS dan KPSG doang..

      Delete
  65. Kak mau tanya, saya mau medical chek di mutualplus, untuk masalah gigi saya make gigi palsu, kira2 dipersoalkan g ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan rapi dan tidak mengganggu penampilan kamu, dan tubuh kamu sehat, kemungkinan kamu lulus. Btw bukan gigi emas kan ya?

      Delete
  66. alhmdlillah g make gigi emas, rapi kok kak, tempo hri kedokter gigi nya kok kak.btw,, kmren stlh sy lulus psikotes, trs lngsung wawancra, sruh ngelengkapi berkas2nya. Hbs itu nunggu medical cek up nya kak. minta doanya ya kak hehe

    ReplyDelete
  67. Pagi bang, salam kenal, sy maya dri bdg. Sy mau tanya bang, kan utk posisi FL itu no os kan, tp kontrak langsung bri? Nah itu lamar nya langsung ke bri kanwil setempat apa ttep lamar via vendor bri?
    Terus bang, bisa jelasin secara detail jenjang karirnya sprti apa? Awal kontrak brp thn? Ga boleh nikah dlm brp thn? Dn stlh kontrak abis, diperpanjang maximal brp kali atau ikut tes keryawan tetap seperti apa?
    Satu lagi bang, sy interest ny di FL sm di BO, sprti kliring dn valas, kalo staff kliring dn valas bri itu lamar kemana dn jalurnya seperti apa?

    Makasih sblumnya. Maaf sy tanya panjang lebar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lamar bisa langsung ke bri (kanwil/cabang) bisa juga langsung ke vendor.
      Kontrak per 12 bulan. Yg penting saat masuk belum menikah, satu hari kerja langsung menikah boleh asalkan tidak sesama pekerja bri.
      Setelah kontrak abis, jika kinerja kamu minimal BAIK, kamu akan diperpanjang, sampai seterusnya. Jika 2 tahun berturut turut SANGAT BAIK, kamu bisa direkomendasikan untuk diangkat sebagai Pegawai Tetap. Tentunya dengan mengikuti tes juga.
      Untuk jenjang karir, minimal 1 tahun bekerja kamu bisa mengikuti job opening yg sedang dibuka, bisa Mantri, FO, AO, ADK, atau BO lainnya (DJS, bisa kliring, dll).

      Kayak nya udah terjawab semua ya?

      Delete
  68. Bang mau tanya nih. Skrg ada buka lowongan Pinca Pincapem sama MP. Itu bagian apa bg? Apa itu outsourcing atau kontrak juga? Kalau aku tamatan SMA bisa gak ya bg? Kalau sambil kuliah bisa gak ya bg? Jawab bg please!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagian kredit itu.
      Kalo Pinca sama pincapem kontrak, kalo MP os vendor PKSS. Minimal harus D1 untuk MP, tapi kalo sambil kuliah bisa, pake surat keterangan dari lurah setempat..

      Delete
  69. bg, mau nanya, waktu test ga ada test b. inggris bg? atau nanya TOEFL gitu?

    ReplyDelete
  70. Bg skrg masih di fl atau udh posisi lain?

    ReplyDelete
  71. Bg skrg masih di fl atau udh posisi lain?

    ReplyDelete
  72. Mas mau tanya, sama tgl 20 juni kemarin sudah tes kesehatan bri. Waktu di telp, petugas brinya minta sekalian dibawakan npwp dan Rek tabungan. Klo belum punya npwp nnti mereka buat kan Surat pengantar dari bri katanya, dan klo blm ada rekening nnti mereka yang buatkan. Berkas itu dikumpulin sepulang kami dari tes kesehatan. Nah, saya agak2 ragu sm tes kesehatan yg bagian mata, saya minus 5.25 soalnya. Apalagi yang saya lamar posisi front liner. Ini kira2 menurut mas, brapa persen ya kemungkinan saya lulus? Mohon dibalas.

    ReplyDelete
  73. Mungkin kamu sudah dinyatakan lulus. Makanya disuruh bawa NPWP dan rekening bri.
    Btw, buat NPWP sehari bisa langsung selesai kok.

    ReplyDelete
  74. mas mau tanya, melamar kerja di BRI lebih baik simpan langsung atau lewat PKSS? karena banyak perusahaan yang perekrutannya menggunakan pihak ketiga

    ReplyDelete
  75. Sama aja mbak.. walaupun pihak ketiga, PKSS anak perusahaan BRI kok..

    ReplyDelete
  76. Kak.. misi mau tanya.. di saat tes psiko, kita kan di kasiin formulir.. nah di situ kayaknya kurang paham ato gimana (mau jadi pegawai tetap, kontrak, dsb) dan saya centang tetap.. itu gak apa2? Ato bisa di ubah ke kontrak? Biasanya yg lazimnya "tetap ato kontrak?" Saat ikut tes wawancara akhir, bisa ngusulin di ubah ato gimana? Duhh ling lung nih, mau nanya siapa :'')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh gak tau mbak. Waktu saya kemarin gak ada yg seperti itu sih..

      Delete
  77. Saya bacanya dari awal sampai selesai nih kk... semoga sukses seperti kk ny
    Mau tanya donk kk
    Klo sudah dinyatakn diterima di bri apakah ijazah asli wajub di tahan? Sampai brp lama kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. Good luck yah..
      Iya, ijazah asli di tahan selama kita kontrak dan diangkat pegawai tetap dan ikatan dinas selama 5 tahun. Setelah itu ijazah sudah boleh diambil kembali..

      Delete
  78. Mas mau nanya, ngelamar di BRI itu harus nunggu ada oprec dari BRI nya dulu apa bisa aja langsung masukin lamaran gitu ke kanwil atau kanca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih sewaktu ada oprec. Tapi temen ku masukin lamaran 4 bulan sebelum oprec tetep diproses kok. Diseleksi juga..

      Delete
  79. kak, untuk med check up nya ada pemeriksaan buta warna ngga kak?

    ReplyDelete
  80. Sebelumnya saya ucapkan selamat buat mas yang telah menjadi Pegawai di Bank Terkemuka ini.

    Begini mas, saya hari rabu tgl 9 agustus 2017 ditelpon dan dinyatakan lulus tes kesehatan, setelah itu saya disuruh siapin npwp, buku tabungan bri, surat keterangan belum menikah dan foto 4x6 miring ke kiri.
    Saya sudah siapin semua, cuma npwp saya masih surat pengantar lengkap dengan nomor npwpnya, sedangkan kartu npwp aslinya menunggu dikirim lewat pos.
    Lalu saya awalnya disuruh datang saptu 12 agustus 2017 tanda tangan PKWT untuk posisi Frontline, Tapi tgl 11 agustus 2017 disuruh nunggu informasi selanjutnya, otomatis hari saptu bukan jadwal pasti pkwt nya.
    Pertanyaan saya.
    1. Apa bisa hanya membawa surat pengantar lengkap dengan no. Npwp saja?
    2. Kenapa ya jadi menunggu info selanjutnya untuk PKWTnya?

    Terima kasih. Semoga kesehatan dan rezeki selalu diberikan kepada mas yang sangat berbaik hati telah memberikan pencerahan melalui pengalaman dan jawaban-jawaban akan pertanyaan kami semua.

    ReplyDelete
  81. Sebelumnya saya ucapkan selamat buat mas yang telah menjadi Pegawai di Bank Terkemuka ini.

    Begini mas, saya hari rabu tgl 9 agustus 2017 ditelpon dan dinyatakan lulus tes kesehatan, setelah itu saya disuruh siapin npwp, buku tabungan bri, surat keterangan belum menikah dan foto 4x6 miring ke kiri.
    Saya sudah siapin semua, cuma npwp saya masih surat pengantar lengkap dengan nomor npwpnya, sedangkan kartu npwp aslinya menunggu dikirim lewat pos.
    Lalu saya awalnya disuruh datang saptu 12 agustus 2017 tanda tangang PKWT. Tapi tgl 11 agustus 2017 disuruh nunggu informasi selanjutnya, otomatis hari saptu bukan jadwal pasti pkwt nya.
    Pertanyaan saya.
    1. Apa bisa hanya membawa surat pengantar lengkap dengan no. Npwp saja?
    2. Kenapa ya jadi menunggu info selanjutnya untuk PKWTnya?

    Terima kasih. Semoga kesehatan dan rezeki selalu diberikan kepada mas yang sangat berbaik hati telah memberikan pencerahan melalui pengalaman dan jawaban-jawaban akan pertanyaan kami semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali brosis.. Senang jika blog ini membantu mencerahkan hati yg murung.
      Jawaban saya:
      1. Bisa, yang penting sudah ada no NPWP. Pengalaman saya, jangan terlalu percaya dengan pengiriman POS utk kartu NPWP nya, saya nunggu berbulan bulan tidak ada saya terima. Info dari teman, mereka yg langsung jemput ke POS 2 minggu kemudian. Kalau saya sih 4 bulan kemudian main ke kantor pajak utk cetak ulang kartu, proses nya cepet kok.

      2. Bisa jadi ada 2 kemungkinan, pertama penandatanganan PKWT memang diundur sampai waktu yg ditentukan kemudian, yg kedua mungkin kamu masuk waiting list. Coba tanya dengan teman sesama pelamar, apakah mereka memang diinfokan hal yg sama juga atau tidak.

      Sekian.

      Delete
    2. Ia, mas itu sudah sangat membantu mencerahkan kegalauan dan ketidaktahuan kami.

      Jawabannya sangat memuaskan dan bermanfaat.
      Pertanyaan saya selanjutnya,
      jika sudah dinyatakan lulus seperti kondisi saya yang telah lulus semua tahap,apakah itu sudah dipastikan akan menjadi salah satu keluarga besar BRI alias menjadi karyawan BRI?

      2. Apa yang mesti saya lakukan, menunggu telepon dari BRI atau saya yang menelepon BRI untuk informasi ttd PKWT? Saya takut saja dibilang gak sabaran kalau nelpon BRI.

      Oh ia sedikit info, pada saat kami wawancara akhir, kami ada 8 orang. 3 orang telah bekerja, dan beberapa bulan kemudian saya yg terakhir dinyatakan lulus wawancara akhir, kemungkinan selama ini saya memang waiting list.
      Dan saat ini saya hanya sendirian, makanya bingung mau nanya2 proses ke ttd PKWT nya

      Delete
    3. Betul brosis, ditunggu saya informasi selanjutnya..
      Selamat bergabung di BRI

      Delete
    4. Baik mas, saya ikuti saran mas untuk menunggu informasi selanjutnya.
      Ia mas. Semoga kita bisa berkontribusi dan berkinerja baik di BRI.
      karena info dan sarannya, saya doakan kesehatan dan rezeki selalu dilancarkan dan diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada Mas. Aamiin.
      Terima kasih.

      Delete
  82. Waw pnjang bngttt y bg sleksiny, bg sya msuk sbgai sekretaris trus gmn bg jrnjang karirny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari apa ttd kontraknya ya klo saya boleh tahu?

      Delete
    2. Kak saya ilma dri palu sulawesi tengah,mau tanya minggu lalu ada lowker di bri posisi FL berkas lamaranku udah diantar semingggu lalu. Karna sy masih fresh graduate jdi gak lampirkan ijazah hnya surat ket. Lulus. Trus pada surat lmaran yg sy lampirkan lupa sy tanda tangan. Kalau kasusnya seperti itu apakah ada kemungkin untuk dapat panggilan pada tahap interview awal? Mohon infonya kak. Terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. Kak saya ilma dri palu sulawesi tengah,mau tanya minggu lalu ada lowker di bri posisi FL berkas lamaranku udah diantar semingggu lalu. Karna sy masih fresh graduate jdi gak lampirkan ijazah hnya surat ket. Lulus. Trus pada surat lmaran yg sy lampirkan lupa sy tanda tangan. Kalau kasusnya seperti itu apakah ada kemungkin untuk dapat panggilan pada tahap interview awal? Mohon infonya kak. Terima kasih sebelumnya

      Delete
    4. Kak saya ilma dri palu sulawesi tengah,mau tanya minggu lalu ada lowker di bri posisi FL berkas lamaranku udah diantar semingggu lalu. Karna sy masih fresh graduate jdi gak lampirkan ijazah hnya surat ket. Lulus. Trus pada surat lmaran yg sy lampirkan lupa sy tanda tangan. Kalau kasusnya seperti itu apakah ada kemungkin untuk dapat panggilan pada tahap interview awal? Mohon infonya kak. Terima kasih sebelumnya

      Delete
  83. kalau pake kacamata minus 2 apakah ada harapan masuk BRI?

    ReplyDelete
  84. Bg .. Saya kan ikut wawancara awal pada tgl 8 agustus kmren, itu kalo nunggu untuk jadwal psikotes ny harus nunggu brpa lama ya? Soal ny udah pesimis duluan nggak ada kelanjutan, apakah yg lolos dan tidak lolos ada pemberitahuan lwat tlpn ato sms? ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau jawab juga ni. Karena aku sudah lulus semua tahap.
      Setahuku ya, biasanya wawancara awal dibarengi psikotes. Alias jadwalnya bersamaan.
      Kok mas beda?
      Mas nyoba bri daerah mana?
      Dan melalui vendor apa? Pkss kah atau kpsg

      Delete
  85. Halo kak,,
    Aku mau nanya, Alhamdulillah bsok kan aku mau tes kesehatan ni kak.
    Apakah klau kita ad masalah dengan karang gigi itu mempengaruhi penilaian gak ya untk hsil tes kesehatan nya??
    Sama aku mau nanya juga nih kak, klau udah d thap tes ksehatan apakah ad kemungkinan persentase kelulusan nya kita udah 100% ya kak??
    Terima ksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau jawab ni.
      Aku juga seminggu yang lewat sudah tes kesehatan untuk bri daerah sumatera utara.
      Aku dinyatakan lulus, pada saat tes kesehatan aku tidak ada diperiksa bagian mulut ataupun gigi.
      Kalau mas febrinya nanti ditempatkan didaerah mana ya kira-kira?
      Trus posisinya apa?

      Delete
    2. Aku rencana penempatannya di kanca fakfak Papua Barat.
      Untuk posisinya aku d bagian frontliner (klau bukan CS ya, Teller)..

      Delete
  86. Hai kak apakah ada kriteria tinggi badan???
    Kalau untuk wanita gmana, aku 150cm kak ?
    Pendek kak tp kan bisa pake hils hehehe
    Gmana kak

    ReplyDelete
  87. Hai kak apakah ada kriteria tinggi badan???
    Kalau untuk wanita gmana, aku 150cm kak ?
    Pendek kak tp kan bisa pake hils hehehe
    Gmana kak

    ReplyDelete
  88. Saya ucapkan selamat untuk mas yang telah bergabung di bank BRI :)

    Dari cerita blog dan percakapan komentar, saya menarik kesimpulan bahwa untuk posisi frontliner di Bri tidak os melainkan PKWT dari Bri.
    Sedikit cerita saya melamar di KCP Bri didaerah subang, untuk test pertama sama interview di KCP Bri tersebut, kemudian saya melakukan test psikotest di PT. KPSG di kota Bandung, setelah test psikotest saya di beritahukan bahwa saya di posisikan sebagai frontliner di KCP Bri tersebut sehingga saya harus mengikuti interview lanjutan dengan user di Kanwil Bri Bandung untuk mengisi daftar hadir saat interview dibedakan menjadi KPSG/KPSS/BRI kebetulan saya termasuk dalam vendor KPSG.
    Alhamdulillah setelah interview user diKanwil Bri Bandung saya di nyatakan lolos dan harus mengikuti tahap berikutnya yaitu Medical Check Up.

    Pertanyaan saya, apakah nantinya setelah saya selesai mengikuti rangkaian Medical Check Up dan berharap lolos Amin Ya Allah kemudian pasti akan dilaksakan tanda tangan kontrak, apakah nanti tanda tangan kontrak tersebut itu PKWT Bri bukan Os dari KPSG untuk posisi frontliner KCP Bri?
    Dan untuk cs/teller nya itu ditentukan oleh pihak Bri ya mas?
    Terimakasih, sedianya untuk dijawab.
    Sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks kitty..
      Seneng liat pengunjung kaya kamu. Bisa menyimpulkan dengan baca cerita dan komentar2.

      Setelah dinyatakan lulus MCU kamu akan diundang utk tanda tangan PKWT dan tentunya langsung dari BRI bukan OS.

      Untuk posisi CS/Teller pihak BRI langsung yg menentukan. Tentunya dengan pertimbangan dari hasil test kamu.

      Btw, selamat sudah lulus sejauh ini. Ssemoga segera bergabung di Bank BRI.

      Delete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. Sore bg. Mau tanya apa ada kriteria tinggi badan ?
    Dan apa harus punya pngalaman kerja ?

    ReplyDelete
  91. Saya baca dari awal tadi kak, cukup menarik dan juga hampir mirip dengan proses yang sy ikuti sejauh ini. Bln agustus ini sy dapat info kalau BRI lagi buka lowongan untuk posisi frontliner (cs/teller) yang dikontrak langsung dari pihak BRI. Untuk prosesnya bisa terbilang lumayan cepat, utk perekrutan awalnya melalui pihak ketiga, 11 Agustus sy masukkan lamaran kerja saya, kemudian 17 Agustus sy dapat SMS utk mengikuti psikotes tanggal 18 Agustus. Setelah seharian tesnya sistem gugur, sampai akhirnya tahap psikotesnya selesai dan pengumuman utk peserta interview akhirnya keluar malam itu juga. Namaku termasuk di dalamnya, utk ikut interview akhir tanggal 19 Agustus. Setelah interview akhir kemudian diminta menunggu lagi maksimal 2 minggu kalau tdk dapat kabar dalam waktu 2 minggu ya berarti tandanya sdh gugur, trs blm sampai 1 minggu, tanggal 25 Agustus sy dapat kabar kalau sy lolos interview akhir dan dipanggil utk ikut medical check up disalah satu klinik ternama di kota saya. Utk yg ikut MCU kemarin sekitaran 10an orang kak, kira2 untuk peluang diterima/tidaknya itu gimana ya ? Apakah masih ada tahap seleksi lagi ? karna ada juga yang ngasih info kalau sdh ikut MCU tandanya kita udah 90% bergabung dengan pihak BRI. tapi sy pribadi masih belum paham si kak. hehehe. tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah MCU udah gak ada tahap lagi.. Tinggal takdir kamu masuk BRI atau tidak heheh..
      Asal kamu tidak ada penyakit kronis dan bau badan (becanda) sih insya allah masuk

      Delete
  92. Mas mau nanya.. Saya sdh tes tahap med cek up hari ini. Saya tes posisi frontliner, misalnya saya lulus apakah ada training khusus atau lgsg kerja dilapangan sbgai frontliner? Mohon pencerahannyammm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda ditraining di jkt kurang lebih 10hr, nanti akan ada penilaian selama anda training yg akan dikirin ke kanca tempat anda bekerja.

      Delete
  93. Sukaaaa banget sama nii blog. Dari awal crita ampe jawab pertanyaanpun masiii aja ngelawak. Wkwk sukses trs bro kpan2 ikut stand up comedy laaa brader wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalo tngginya gk nyampe 155 gk ada kemungkinan masuk dong ? 😣

      Delete
  94. Mas.. mau nanya.. , kalau mata minus sampe min 2 gimana?makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  95. Halo mas anwar,
    Blognya sangat menarik dan brmanfaat.

    Jadi saya mau tnya, awalnya saat melamar saya kmrn plih bagian FL, tp pincanya nawarin saya jadi sekretaris, mau tanya, gimana yaa jenjang karir sekretaris?soalnya saya blm ada pngalaman jd skretaris, namun mereka blg untk smentara wkt,bs dpindah lg ke FL.
    Trus, sekretaris kontraknya dari OS kan ya?sdgkan FL under kontrak Bri.
    Terimakasih, smoga bs mmbantu saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.
      Jenjang karir bisa ke FL atau ke Bisnis langsung (Mantri, FO, AO, dll), minimal mengikuti job opening adalah 1 tahun masa kerja

      Delete
  96. Nice blog... :)
    Jd flasback 3thn lalu pengalaman disana...
    dulu jaman saya angkatan pertama FL kontrak under BRI desember 2012
    Sempet ngerasain yg namanya OS dan akhirnya setelah adanya peraturan BI yg tdk memperbolehkan pekerja FL dgn status OS yg mengelola dan mengetahui data nasabah, akhirnya serentak per desember 2012 kami dialihkan langsung kontrak dibawah BRI. Awalanya saya pikir status kontrak hanya akan selama 2 sebagaimana peraturan UU dan diangkat sebagai pegawai tetap. Namun ternyata 3thn saya jalani 3kali saya tanda tangan kontrak tiap tahunnya. Salah satu jalan anda utk naik ke pegawai tetap hanya melalui jalur marketing, yg notabene anda hrs terjun ke lapangan yg mana anda dituntut dgn angka2 dan target. :(
    singkat cerita akhirnya saya memilih resign, dan mencoba mencari pengalaman lain dan kemudian saya berjodoh disalah satu perusahaan BUMN lainnya yg saya jalani hingga skrg ini..
    kesimpulannya sih rezeki Tuhan itu luas, utk yg masih menjalani test terus semangat, utk yg pernah gagal terus mencoba, pengalaman adalah guru yg paling bijak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks brosis senior heheh..
      Gak mesti jadi marketing kok sebenernya, bisa ADK atau DJS yg masih bagian operasional atau bagian support yg stay di kantor. Hanya saja kemungkinan yg paling besar adalah jadi marketer..

      Delete
  97. kalau kontrak kerja langsung di bawah BRI, ketika masa kontrak kerja, ijazah asli nya di tahan gak bang?

    ReplyDelete
  98. Menurut blog abgbdi atas yg sudah saya baca,sama hal nya dengan saya yaitu proses psikots nya di tangani oleh pkss . Nah menurut teman2 saya pkss itu mrupakan outsorcing yg mna nnti gaji yg kita dapatkan akan di potong utk pihak pkss tsb . Apakah bnar bg ? Dan bagaimana nasib masa depan pegawai os ? Apakah ada kmungkinan akan mnjadi karyawan tetap ?

    ReplyDelete